Festival Musik Patrol Semarakkan Ramadan di Sidrap

by

PAREPOS.CO.ID, SIDRAP — Festival Musik Patrol dalam rangka menyemarakkan bulan suci ramadan 1440 H/2019 M berlangsung di Sidrap, 18-25 Mei.

Tepatnya di Lapangan Sepak Bola Andi Sulolipu Amparita, Kecamatan Tellu Limpoe. Kegiatan itu digagas oleh Komunitas Pondok Indah Community.

Wakil Bupati Sidrap, H Mahmud Yusuf saat membuka acara itu mengaku, sangat mengapresiasi acara tersebut.

Dikatakannya, bahwa ditengah-tengah maraknya kasus narkoba, Pondok Indah Community memiliki inisiatif untuk melaksanakan kegiatan seperti ini.

“Ternyata kegiatan ini tidak berskala kecamatan tetapi berskala kabupaten. Jadi saya harap melalui acara ini dapat melahirkan generasi-generasi yang berkualitas dan berprestasi,” katanya.

Mahmud Yusuf menambahkan untuk pelaksanaan festival Musik Patrol ke depan, bisa lebih meriah dengan hadiah yang lebih besar.

“Kami berharap, semoga ke depan festival ini lebih meriah lagi, termasuk pula hadiahnya,” imbuhnya.

Ketua Panitia, Nandar mengatakan, festival Musik Patrol itu diikuti sebanyak 22 group se-Ajatappareng

“Tujuannya yaitu untuk menamkan jiwa toleransi dalam diri masyarakat terutama pemuda pemudi,” ucapnya.

Kegiatan ini, kata dia dapat menjadi wadah untuk mengaktualisasikan bentuk kreatifitas anak muda melalui musik patrol.

“Tentunya agar mereka tidak mudah untuk terjerumus ke hal-hal negatif seperti narkoba dan pergaulan bebas lainnya,” katanya.

Adapun kategori penilaian festival Musik Patrol yang berhadiah jutaan rupiah itu terdiri dari sembilan kreteria.

Kategori tersebut yakni penguasaan panggung, kostum, koreografi, kekompakan, kreasi pukulan, tempo, harmonisasi, dinamika, dan tingkat kerumitan lagu.

Acara yang digagas oleh Pondok Indah Community berasal dari pemuda pemudi Kelurahan Arateng Kecamatan Tellu Limpoe.

Mereka di dukung oleh JRJ Communuty, Art Community, dan Tiga Berlian Community. Semua komunitas itu tergabung dalam satu wadah yaitu Komunitas Pemuda Kincir.

Sekedar diketahui, Musik Patrol  sebenarnya adalah musik untuk membangunkan orang sahur yang menggunakan alat musik sederhana yaitu kentongan.

Kentongan yang digunakan bermacam – macam dengan berbagai ukuran dan dibunyikan secara teratur sehingga menghasilkan suara yang indah dan enak untuk didengar.

Namun saat ini, musik patrol yang dimainkan oleh anak-anak muda sudah menggunakan alat musik keren dan canggih layaknya group band.

Alat tersebut seperti keyboard, drum, bass, rhythm, dan trio. Instrumen-instrumen musik itu berpadu dengan alat-alat musik tradisional yang masih memiliki ciri khas. (ira/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *