Anggaran Seragam DPRD, Kaharuddin: Kota Parepare Paling Rendah

by

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE — Anggaran yang disiapkan pemerintah melalui Sekretariat DPRD Kota Parepare untuk seragam 25 anggota dewan terpilih menjadi buah bibir dan perdebatan di masyarakat. Pasalnya, anggaran bagi seragam wakil rakyat tersebut mencapai Rp 398,5 juta dan dinilai terlalu besar. Terkait hal itu, Ketua DPRD Kota Parepare, Kaharuddin Kadir mengatakan, anggaran pakaian dinas atau seragam anggota DPRD Kota Parepare selama ini paling terendah dibandingkan tiga kota lainnya di Sulsel.

Menurut Ketua Harian Partai Golkar Kota Parepare itu, anggaran seragam anggota DPRD sudah rasional dan mengikuti standardisasi harga sesuai peraturan yang berlaku. Anggaran sebesar Rp398,5 juta untuk pengadaan 125 pasang pakaian dinas bagi 25 anggota DPRD Parepare. Kaharuddin merincikan, anggaran tersebut dialokasikan untuk dua pasang yakni Pakaian Sipil Harian (PSH), sehingga jumlah PSH sebanyak 50 pasang dikali nilai satuan Rp1,7 juta.

Total anggaran PSH Rp85 juta, Pakaian Sipil Lengkap (PSL) sebanyak 25 pasang Rp3 juta per pasang total anggaran Rp75 juta, Pakaian Dinas Harian (PDH) 25 pasang dengan harga Rp1,5 juta sepasang, dianggarkan Rp37.5 juta. Pakaian Sipil Resmi (PSR) Rp2 juta sepasang, total Rp50 juta, dan pin emas 7 gram dengan harga Rp5 juta per buah, jumlah keseluruhan Rp125 juta.”Harga itu sudah rasional, sesuai dengan standar harga yang berlaku dan kami juga sudah melakukan perbandingan dengan kota lain. Ini juga dilelang, jadi bisa saja turun sesuai hasil pelelangan,” kata Kaharuddin, beberapa waktu lalu.

Menurut Kahar, pakaian seragam bagi anggota dan Pimpinan DPRD ini sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 18 tahun 2017, tentang Hak Keuangan dan Administratif. Pasal 12 PP tersebut tertera tentang aturan dan jenis-jenis pakaian seragam dinas bagi Anggota dan Pimpinan DPRD.  Senada diungkapkan, Wakil Ketua DPRD, Rahmat Syamsu Alam mengatakan, seragam PSH, PSL, dan pin emas ini hanya sekali dalam lima tahun.

Tahun lalu, anggaran seragam anggota DPRD Kota Parepare sebesar Rp198 juta. Atto begitu ia disapa, berharap masyarakat tidak terlalu menggemborkan dan memperdebatkan. Anggaran baju seragam ini sudah terendah dari tiga kota di Sulsel. “Kami menghargai pendapat orang untuk menyampaikan pendapat, tapi jangan membuat opini buruk terhadap DPRD Parepare. Jujur, ini bukan diskusi produktif. Kita memperdebatkan padahal kita yang paling rendah, jadi ini tidak perlu diperdebatkan,” ujar Atto. (mat/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *