Cegah Penyimpangan, Kajari Parepare: Kejaksaan Dampingi Pengaturan Anggaran di Kelurahan

by

PAREPOS.CO.ID,PAREPARE– Kejaksaan Negeri (Kejari) Parepare gelar sosialisasi pendampingan pengelola dan pendanaan anggaran terhadap dana kelurahan di Aula Kejari Parepare, kemarin. Sosialisasi ini dihadiri seluruh lurah serta staf, camat, perwakilan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Bagian Keuangan Sekretariat Daerah (Setda) Parepare.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Parepare, Andi Darmawangsa, mengatakan, sosialisasi ini untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dan pemerintah daerah terkait konsep yang dilakukan kejaksaan dalam mendampingi kelurahan mengatur anggaran dan pendanaannya. “Kami ingin melakukan pendampingan terhadap pengelolaan dan pendanaan kelurahan. Kelurahan masih terbatas sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Sedangkan anggaran yang harus dipertanggungjawabkan dengan baik, dan tepat sasaran,” jelasnya.

Di acara sosialisasi tersebut, terlihat beberapa lurah serta camat yang hadir serius memperhatikan Kajari Parepare, Andi Darmawangsa, saat menyampaikan materi.  “Pengelolaan bantuan dana kelurahan dari pusat sebesar Rp370 juta, kami akan mendampingi dengan harapan, dana ini mesti tepat sasaran dan berimbas pada masyarakat,” kata Darmawangsah.  Selain itu, kata dia, pendampingan ini sebagai upaya mencegah dan mengurangi terjadinya penyimpangan dalam pelaksanaannya.

Program ini sebagai upaya mengantisipasi terjadinya kerugian negara yang diakibatkan pengelolaan keuangan yang kurang baik, sekaligus menyelamatkan lurah dari jeratan hukum. “Jadi pendampingan dilakukan dengan metode TP4D. Namun sebelumnya akan dilakukan Bimtek untuk mengajari kelurahan dalam penggunaan dana itu. Kita tidak ingin kasus yang banyak menjerat kepala desa, terjadi juga di lura di Kota Parepare,” kata Darmawangsah.(mat/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *