Bupati Pangkep Ujicoba Kembangkan Peternakan Kuda Poni, Ini Tujuannya

by

PAREPOS.CO.ID, PANGKEP– Bupati Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), H Syamsuddin A Hamid SE terus melakukan berbagai upaya pengembangan peternakan, mulai dari kambing etawa hingga ayam petelur. Sebahagian besar upaya tersebut dilakukannya dengan memberikan contoh langsung ke masyarakat, dengan

Kini ide baru kembali dilakukannya dengan membeli dua ekor kuda poni. Kuda Poni adalah jenis kuda yang berukuran kecil. Tingginya dari tanah sampai ke punggung kurang dari 10 tangan (100 cm). ” Peluang beternak kuda poni dan ini sangat menjanjikan, saya akan memulainya dengan membeli dua ekor kuda yang berusia 4 tahun. Jika ini berhasil kita kembangkan, dengan maraknya industri pariwisata tentunya akan menjadi peluang besar bagi masyarakat khususnya di pedesaan,”katanya.

Bupati dua periode itu mengakui,
hampir di setiap┬árumah tangga yang ada┬ápasti memelihara atau beternak baik itu ayam, kambing, sapi, walau dalam jumlah terbatas. Potensi ini tidak semua melihatnya sebagai peluang untuk mendatangkan keuntungan ekonomi. “Makanya saya sengaja membeli dua ekor kuda poni ini untuk bisa dikembangkan, dengan melihat kondisi daerah kita,”singkatnya.

Untuk harga sepasang kuda poni, kata Syamsuddin, kisaran antara Rp 175 juta. Kuda poni ini dibeli di daerah Jawa Timur, tapi aslinya dari Negeri Belanda. “Moga bisa kita kembangkan, dan bisa mendukung industri pariwisata yang lagi giat-giatnya kita lakukan,”singkatnya. (ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *