Dana Bos Digunakan ke Rakernas APEKSI, Disdikbud Parepare: Ada Batasan Penggunaan Anggaran

by

PARE POS.CO.ID,PAREPARE — Pemerintah Kota Parepare beberapa waktu lalu mengikuti Rakernas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APKSI) di Kota Semarang, Jawa Tengah. Dalam kunjungan yang diikuti Wali Kota bersama sejumlah pimpinan OPD. Hampir sejumlah Kepala Sekolah (Kasek) ikut turut serta dalam agenda tahunan tersebut.

Namun, kini sejumlah pihak mulai menyoroti keberangkatan para Kasek yang belakangan diketahui berangkat dengan menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) ke Kota Semarang.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Parepare, Arifuddin Idris mengatakan, penggunaan dana BOS untuk operasional tidak masalah, selama kegiatan yang diikuti meningkatkan kompetensi wawasan.”Namanya saja Biaya Operasional Sekolah (BOS) jadi bisa saja dipakai selama berguna untuk meningkatkan kompetensi wawasan, nah pada saat pawai kebudayaan kemarinkan itu salah satu peningkatan kompetensi,” jelasnya, Selasa 16 Juli, siang tadi.

“Pihak Disdikbud sendiri sebenarnya bukan bagian dari APEKSI, namun yang kita hadiri agenda pawai budaya dalam kegiatan tersebut,”tambahnya. Mengikut sertakan para Kasek tujuannya agar mereka dapat mengimplementasikan kegiatan budaya di Kota Semarang, dalam membina siswa dan murid mereka yang ada di sekolahnya. Bahkan, dalam penggunaan anggaran dana BOS sendiri, pihak Disdikbud memberikan batasan jumlah anggaran yang boleh dipakai dalam biaya operasional selama tiga hari berjalannya kegiatan tersebut, yakni sebesar Rp 3,2 juta.

“Jadi begini dana BOS itu operasional sekolah, nah peruntukannya ada yang secara tidak langsung kepada ada anak didik, ada juga secara tidak langsung. Secara langsung itu seperti pemberian seragam sekolah kepada siswa yang tidak mampu, dan lain-lain. Secara tidak langsung seperti kegiatan yang kemarin kami lakukan,”jelasnya, Arifuddin yang untuk sementara waktu menjabat PLT Kepala Disdikbud Parepare.(mat/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *