Desa Bulo Wattang Bakal Terapkan Pelayanan Persuratan Berbasis Simdeskel

by

PAREPOS.CO.ID, SIDRAP — Pelayanan persuratan masyarakat di Desa Bulo Wattang, Kecamatan Panca Rijang, Kabupaten Sidrap bakal ditingkatkan melalui Website Desa dan Sistem Informasi Desa/Kelurahan (Simdeskel).

Hal itu terungkap saat seminar program kerja (Proker) mahasiswa KKN dan Magang III angkatan pertama Universitas Muhammadiyah (UMS) Rappang di kantor Desa Bulo Wattang, Kamis, 11 Juli.

Kegiatan tersebut dihadiri Dosen Pembimbing, A Rini Sahni Putri, Divisi Pengabdian Mahasiswa LP3M UMS Rappang, Haeruddin Syarifuddin, Kepala Desa Bulo Wattang, Andi Wawan.

Haeruddin Syarifuddin mengatakan, kehadiran para mahasiswa KKN dan Magang III ini untuk membantu pemerintah setempat dalam peningkatan pelayanan masyarakat.

“Seperti halnya persuratan maupun potensi-potensi desa yang bisa dikembangkan. Hal itu nantinya bisa dilihat di Simdeskel,” katanya.

Artinya, lanjut Haeruddin jika pendataan dan proses pengimputan berkas persuratan selesai dilakukan oleh mahasiswa maka masyarakat tidak perlu lagi repot-repot ke kantor desa.

Cukup membuka Simdeskel, semua bentuk persuratan disediakan disitu seperti surat keterangan domisili, pindah masuk, kelahiran dan kematian hingga surat keterangan usaha.

“Jadi masyarakat tinggal membuka format persuratan yang dibutukan lalu mengisi kolom identitas yang telah tersedia. Setelah itu operator desa mengecek dan memprint out untuk di tindak lanjuti dan ditandatangani oleh kepala desa,” katanya.

Kepala Desa Bulo Wattang, Andi Wawan mengucapkan terimakasih atas kerjasamanya dalam peningkatan pelayanan masyarakat di desa yang di pimpinnya itu.

Menurutnya, inovasi seperti itulah yang ditunggu-tunggu masyarakat di era peningkatan teknologi dan informasi saat ini.

“Layanan Simdeskel ini nantinya akan terbuka selama 24 jam. Jadi dimana pun masyarakat berada, mereka bisa mengaksesnya melalui Hp Android yang banyak di dunakan saat ini,” tandasnya.

Sementara, Dosen Pembimbing, A Rini Sahni Putri mengatakan, bahwa mahasiswa KKN dan Magang III di Bulo Wattang berjumlah 18 orang yang terdiri dari 11 perempuan dan 7 laki-laki.

“Semua adek-adek mahasiswa ini akan bekerja secara maksimal selama dua bulan kedepan untuk mengerjakan sejumlah program dengan tema Universitas Membangun Desa Berbasis Teknologi Informasi,” ucapnya.

Dia berharap masyarakat bisa membantu dan bekerjasama dengan mahasiswa sehingga segala bentuk kegiatan mereka dapat berjalan dengan baik dan lancar. (ira/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *