Dewan Studi Banding ke Bali, Iqbal Chalik : Parepare Butuh Smart Parking

by

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE — Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Parepare beberapa hari yang lalu kunjungan kerja ke Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Badung Provinsi Bali. Kunnjungan kerja itu, bagian studi banding penyelenggaraan retribusi dan pajak parkir. Ketua Komisi III DPRD, Iqbal Chalik, mengatakan, Dishub Kabupaten Badung mempunyai pengelolaan parkir yang baik, sehingga pihaknya memilih daerah yang meliputi Kuta dan Nusa Dua ini sebagai tempat studi banding.  “Kabupaten Badung mempunyai pola pengelolaan parkir yang baik. Model kerjasama dengan pihak ketiga untuk menghindari gesekan dengan kelompok masyarakat adalah kerjasama bagi hasil dengan lembaga adat atau lembaga desa,” ujarnya melalui pesan Whatsapp, Rabu, 10 Juli.

Menurut legislator Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, keefektifan Kabupaten Badung dalam pengelolaan parkir kerena didukung beberapa Peraturan Daerah (Perda) tentang parkir, diantaranya, Perda parkir tepi jalan, dan
Pajak parkir khusus. Hal inilah membuat, dirinya berinisiatif untuk membuat Perda tambahan dan merevisi Perda lama “Kalau di sana memiliki tiga Perda tentang parkir, bagaimana tidak efektif pengelolaan parkir mereka, sedangkan Parepare cuma satu Perda, yaitu Perda Pengelolaan Parkir, itupun masih lemah dalam penerapannya,” kata Iqbal.

“Ada juga smart parking dan sistem parkir bertingkat otomatis. Maka dari itu hasil studi banding di sana, kita akan mendiskusikan untuk membuat Perda tambahan lagi dan merivisi Perda yang lama agar berjalan dengan baik,” katanya.  Ia mengusulkan agar pengelolaan parkir ini sebaiknya dipihakketigakan, penerapan membutuhkan pencermatan yang baik dan membutuhkan anggaran besar.”Saya kira smart parking juga dibutuhkan di Parepare untuk mengantisipasi lokasi parkir yang sempit, kita tinggal mencari lahan kecil untuk penerapannya, tapi sebaiknya dipihakketigakan karena membutuhkan anggaran besar. Kami berharap pemerintah daerah bisa merealisasikan dengan melakukan analisa yang baik,” kata Iqbal Chalik. (mat/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *