Dinkes Polman Keciprat Dana Afirmasi Rp 11 M, Ini Peruntukannya

by

PAREPOS.CO.ID,POLMAN — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Polewali Mandar (Polman) tahun 2019 mendapatkan kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi bidang kesehatan. DAK Afirmasi merupakan tambahan DAK yang dialokasikan khusus kepada daerah yang termasuk dalam kategori daerah perbatasan, kepulauan, tertinggal, dan transmigrasi (area/spatial based). Hal itu bertujuan mempercepat pembangunan infrastruktur dan pelayanan dasar.

Dana yang diperoleh Dinkes, diperuntukan untuk membangun gedung Puskesmas Polewali, Kecamatan Binuang dan Gedung Laboratorium Kesehatan Daerah, di Kecamatan Polewali.

Kepala Dinkes Polman, Suaib Nawawi mengunngkapkan, pemerintah mendapatkan bantuan DAK Afirmasi tahun 2019 sebesar Rp 11 miliar lebih dan diperuntukkan untuk membangun puskesmas dan laboratorium kesehatan. Rinciannya meliputi Puskesmas Polewali sendiri mendapatkan dana Rp 5,1 miliar untuk pembangunan gedung dan alat kesehatan (Alkes), Puskesmas Polewali menyusul sebesar Rp 4 miliar lebih, sedangkan pembangunan gedung Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) sebesar Rp 1,9 miliar lebih.

Pemerintah menggelontorkan anggaran besar untuk Puskesmas Polewali, sebab nantinya puskesmas tersebut akan menjadi puskesmas prototipe dimana desain dan bangunannya dibuat semegah mungkin. Karena kedepan Puskesmas itu akan dijadikan percontohan di Kabupaten Polman. “Bangunan puskesmas ini pun nantinya akan menjadi contoh desain bagi puskesmas lainnya di wilayah Polman,” katanya.

Sedangkan Labkesda sendiri, nanti sudah bisa diandalkan untuk mendeteksi apapun yang dibawah dilaboratorium tersebut. Sehingga kita mengharapkan personil dari Labkesda ini memiliki kemampuan dan SDM Yang mumpuni agar bersaing dengan laboratorium lainnya, karena kedepan persaingan akan sangat ketat. (win/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *