Dugaan Ijazah Palsu Caleg Terpilih, KPU Barru Lakukan Ini

by
Ketua KPU Barru, Syarifuddin Ukkas

PAREPOS.CO.ID, BARRUРKomisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barru, masih melakukan proses terkait dugaan penggunaan ijazah palsu calon anggota legislatif (Caleg) saat pemilihan legislatif (Pileg), beberapa waktu lalu. Ketua KPU Barru, Syarifuddin Ukkas  saat ditemui di Kampus STIA AL Gazali Barru mengatakan, dari 13 Caleg yang terlapor, delapan di antaranya berasal dari perguruan tinggi swasta dan lima dari perguruan tinggi negeri.

“Dari 13 Caleg terpilih yang terlapor, diduga menggunakan ijzah palsu, delapan dari kampus swasta, kemudian sisanya lima dari kampus negeri,” ungkapnya. Untuk memverifikasi ijazah Caleg tersebut, lanjutnya, maka seluruh kampus itu akan didatangi KPU untuk melakukan verifikasi ijazah. “Sekarang masih berproses. Sudah ada tiga kampus yang dikunjungi KPU Barru dalam rangka memverifikasi ijazah. Ketiga kampus tersebut antara lain Unhas, LPI Makassar, dan STIM Nitro Makassar,” ungkapnya.

Sebelumnya, sejumlah Caleg terpilih DPRD Barru dilaporkan Gerakan Revolusi Aktivis Makassar ke KPU Barru, Juni lalu. Laporan tersebut, perihal kasus dugaan penggunaan ijazah palsu oleh 13 Caleg terpilih DPRD Barru saat mencalonkan di Pileg 2019. Lalu LSM Laki juga melaporkan kasus ini ke polisi dan pihak penyidik juga sudah mulai bekerja melakukan penyelidikan. (mad/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *