Guru Besar Uncen, Prof Akbar Silo Tatap Pilkada Selayar

by

PAREPOS.CO.ID, SELAYAR — Perheletan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Selayar kurang lebih setahun lagi, sejumlah nama pun mulai mencuat. Salah satunya, Dosen Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura Prof Akbar Silo digadang-gadang bakal meramaikan Pilkada di Bumi Tanah doang.

Kehadiran figur Prof Akbar Silo belakangan ini kian santer menarik perhatian publik. Guru Besar Ekologi Administrasi pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNCEN ini menjadi perbincangan hangat masyarakat Selayar.

Dihubungi PAREPOS, Prof Akbar Silo mengaku sangat optimis menatap Pilkada Selayar. Bahkan ia meyakini akan memenangkan kontestasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang rencananya akan berlangsung, pada September 2020 mendatang.

(Sekilas Tentang Prof Akbar Silo)

Terlahir di lingkungan keluarga muslim yang taat, sebagai anak adat asli Selayar pada 5 Juli 1959 silam. Putra dari  pasangan Syamsuddin Rais Daeng Maccora (Palemba-Baera) dan Ibunda Andi Tuang (Pariangang-Para).

Menikahi Andi Rahmiwati pada September 1990 dan telah dikaruniai 2 orang putri, masing-masing Astari Pratiwi Nuhrintama, dan Andira Tanjung Nuhrintama, serta 2 orang putra, Ashari Fachrizal Nuhrintana dan Azwar Rizali Nuhrintama.

Prof Akbar Silo, menyelesaikan pendidikan dasar di SD Negeri-2 Benteng Selayar pada Tahun 1972. Sempat mengenyam pendidikan kelas 1 di SMP Negeri Benteng Selayar, kemudian hijrah ke Makassar dan tamat di SMP Negeri-2 Amannagappa Makassar pada Tahun 1975.

PAS, akronim dari nama Prof Akbar Silo sempat menjadi tenaga Honorer selama setahun penuh pada Tahun 1976 sebagai staf juru bayar TONMIN DENMA SKODAM XIV/ Hasanuddin di Makassar, lalu mendapat mutasi penugasan sebagai Staf pada perwakilan DAM XIV/Hasanuddin di Jalan Teuku Umar, Lapangan Banteng, Jakarta.

Kesempatan tersebut dimanfaatkan untuk melanjutkan pendidikan di SMA Negeri 17 Blandongan, Glodok, Jakarta, hingga Tamat pada Tahun 1980. Setelah tammat SMTA, pada tahun yang sama, memperoleh penugasan sebagai Staf Tata Usaha pada Akademi Ilmu Administrasi Yayasan Pendidikan Islam, sekaligus merangkap sebagai administratur PT. Benteng Mas Agung di Jayapura.

Selanjutnya, Tahun 1981 memulai tahun pertama studinya di Universitas Cenderawasih pada Program Studi Ilmu Administrasi Negara yang diselesaikannya hingga Tahun 1987. Dalam masa studi tersebut, hingga Tahun 1988, berkesempatan bekerja paruh waktu sebagai asisten teknik di bidang komputer kerjasama CIDA-Canada dan Universitas Cenderawasih.

Adapun jenjang pendidikan Magister Administrasi Pembangunan diselesaikan pada Tahun 1992 di Universitas Hasanuddin, dan jenjang pendidikan doktoral dalam bidang ilmu administrasi dicapai pada tahun 2010 di Universitas Padjajaran, Bandung.

Karier profesionalnya dimulai pada Tahun 1989 sebagai Dosen Tetap pada FIHES (Fakultas Ilmu Hukum, Ekonomi, dan Sosial) yang kemudian berubah menjadi FISIP (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), Universitas Cenderawasih di Jayapura.

Selain karier fungsional akademik yang terus ditekuninya, mempeoleh beberapa tugas tambahan di lingkungan Universitas Cenderawasih hingga saat ini. Beberapa di antaranya yang penting adalah sebagai Ketua Jurusan Ilmu Administrasi Negara pada Tahun 1994-1997, Pembantu Dekan FISIP Bidang Umum, Keuangan, Kepegawaian pada 1998-2000, dan periode Tahun 2005-2009.

Sebagai Asisten Direktur Program Pascasarjana Bidang Kerjasama Tahun 2011-2013 dan diangkat sebagai Direktur Program Pascasarjana periode 2013-2018, dan saat ini sedang menjabat selaku Kepala Badan Pengembangan Inovasi dan Kinerja merangkap Ketua Program Doktor Ilmu Sosial Universitas Cenderawasih.

Tugas tambahan lainnya yang diemban hingga saat ini adalah sebagai Kepala Pusat Studi Kebijakan dan Manajamen Pembangunan Daerah, Ketua Penerbitan Uncen Press, dan Pimpinan Jurnal Ekologi Birokrasi.

Beberapa karya Prof Akbar Silo berupa jurnal ilmiah dan buku ilmiah telah dihasilkan yang dapat diakses antara lain melalui google scholar, academia edu, researchgate, onesearch, linkedin, knepublishing, slideshare.

Selain membina karier professional di bidang akademik, memiliki pengalaman yang luas, aktif bekerja bersama-sama dengan mitra Lembaga Sosial Masyarakat. Pada Tahun 2003-2004 tercatat sebagai Institutional Specialist Consultant Perform Usaid-RTI Project-PDPP Regional Papua.

Sejak Tahun 2005 aktif bergabung dengan AFP3 (Assosiasi Fasilitasi Perencanaan Pembangunan Partisipatif). Hingga saat ini masih bekerja mendampingi masyarakat kampung dan distrik di beberapa kabupaten/kota se Papua, seperti: Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Kabupaten Mimika, Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Yalimo.

Sementara itu, di bidang pemerintahan, memiliki pengalaman sebagai anggota KPUD Kota Jayapura, Tahun 2003-2005. Selain itu, aktif memfasilitasi aspek perencanaan pembangunan dan monev serta Tim Seleksi JPT (Jabatan Pimpinan Tinggi) Pratama-ASN di beberapa kabupaten/kota.

Saat ini masih aktif sebagai Ketua Unit Percepatan Pembangunan Kabupaten Jayapura dan sebagai Anggota Tim Pengembangan Kawasan Adat TABI (Mencakup Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Sarmi, Kabupaten Keerom, dan Kabupaten Mamberamo Raya).

Selama pengabdiannya, pernah menduduki Sekretaris Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia, Orwil Irian Jaya, berkedudukan di Jayapura, Sekretaris Dewan Pakar “Ormas Nasional Demokrat” Provinsi Papua yang  berkedudukan di Jayapura.

Termasuk  menjadi Anggota Departemen Pengembangan Organisasi Pengurus Nasional IAPA (Indonesia Association for Public Administration) di Jakarta, dan Anggota Assosiasi Program Doktor Ilmu Sosial Indonesia berkedudukan di Surabaya.

Atas pengabdianya, telah dianugerahi Dosen Teladan II dan Satya Lencana Karya Satya XX Tahun. Presiden RI. Tanggal 13 April 2011. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *