Hebat, Cerpen Napi Rutan Sidrap Raih Juara Harapan I Nasional

by

PAREPOS.CO.ID, SIDRAP — Piagam penghargaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI akan diberikan kepada salah satu napi di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Sidrap.

Hal itu dikatakan Kepala Rutan Kelas IIB Sidrap, Mansur saat ditemui di ruang kerjanya, Pangkajene, Kecamatan Maritenggae, Rabu, 17 Juli.

“Yah, ada satu napi kita berhasil meraih juara di tingkat nasional, penghargaan itu akan diberikan pada 17 Agustus 2019 mendatang,” katanya.

Napi tersebut adalah Muh Yamin terpidana kasus penculikan anak dengan hukuman penjara 3 tahun 2 bulan. Kini dia berhasil mengubah dirinya menjadi lebih baik dan berprestasi di tingkat nasional.

Prestasi yang diraih itu dalam Lomba Literasi Anak Didik Pemasyarakatan Kategori Cerpen Dewasa tingkat Nasional pada 27 April 2019 lalu.

“Alhamdulillah, Muh Yamin berhasil meraih Juara Harapan I Nasional dengan judul cerpen Wajah. Dia berhasil mengalahkan ribuan napi yang mengikuti lomba tersebut,” kata Mansur.

Dikatakannya, bahwa Rutan Kelas IIB Sidrap memiliki literasi ruang ekspresi bagi para napi yang diterapkan pada Oktober 2018 lalu.

Disini, mereka diajarkan untuk bisa mengubah diri kearah yang lebih baik lagi dengan pengembangan bakat dan minat. Seperti halnya drama, menari, stand up comedy, baca puisi, dan cerpen.

Sementara itu, Muh Yasmin berharap ada napi lain yang ikuti kepedulainnya pada lilterasi dan mengembangkan bakat menulis.

“Tidak hanya selama dipenjara tetapi juga setelah keluar dari penjara. Kalau bisa jadi penulis terkenal setelah lepas dari penjara,” ucap Muh Yasmin yang akan bebas pada November mendatang.

Santi, Relawan Literasi Rutan Kelas IIB Sidrap mengatakan dirinya mulai mengajarkan menulis cerpen dan puisi kepada napi sejak Oktober 2018 lalu.

Dia mengatakan, dalam waktu dekat ini akan terbit buku kumpulan cerpen dan puisi yang berjudul “Senandung Dibalik Jeruji” dengan 100 lebih halaman.

“Ada 14 Cerpen dan 19 puisi di dalam isi buku itu nantinya. Insya Allah dalam waktu dekat ini kita akan terbitkan, semuanya itu adalah murni karya napi Sidrap,” ucapnya. (ira/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *