Ini Juara Pileg 2019, PPP Kunci Kursi Ketua DPRD Majene

by

PAREPOS.CO.ID, MAJENE– Kursi Ketua DPRD Kabupaten Majene periode 2019-2024 menjadi hak dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Ini setelah perolehan kursi partai berlambang kakbah pada Pileg 2019 di DPRD Majene paling banyak dibandingkan partai politik lainnya. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Majene resmi telah menetapkan 25 anggota DPRD terpilih, untuk segera dilantik pada 16 September 2019.

Setelah PPP, kursi wakil Ketua I DPRD menjadi miliki Partai Demokrat dan Wakil Ketua II milik Partai Golkar. Sesuai hasil perolehan kursi, PPP meraih 5 kursi, Demokrat 4 kursi, Golkar dan Gerindra 3 kursi serta PAN, PDIP, PKS, PKB serta Partai Nasdem masing-masing meraih dua kursi. Untuk anggota dewan terpilih, 11 diantaranya berstatus petahana dan 14 orang adalah wajah dan pendatang baru.

Wakil Ketua DPRD Majene, M Idwar terkait komposisi tersebut mengungkapkan, walaupun dirinya saat ini menduduki jabatan kursi wakil ketua di dewan. Akan tetapi untuk periode ke depannya belum bisa memastikan dirinya akan bisa terpilih kembali pada posisinya seperti saat ini. Hal itu tergantung kepada Ketua Partai Demokrat, siapa yang akan diusulkan untuk menduduki jabatan wakil ketua DPRD Majene selanjutnya.

Sementara itu, Ketua DPD II Partai Golkar Majene, H Lukman juga mengklaim akan mendapatkan jatah kursi pimpinan di DPRD Majene. Wakil Bupati Majene itu mengatakan, pertimbangannya karena golkar memiliki tiga kursi di DPRD. Sehingga, layak sebagai peraih suara terbanyak ketiga mendapat jatah seorang wakil ketua di DPRD Majene. Walaupun, kata Lukman, Partai Gerindra juga meraih tiga kursi. Akan tetapi dari perolehan suara secara keseluruhan, golkar masih meriah suara terbayak dari Gerindra.(edy/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *