Mulai Hari Ini, RS Arifin Nu’mang Kembali Layani Pasien BPJS

by

PAREPOS.CO.ID, SIDRAP – Rumah Sakit (RS) Arifin Nu’mang Sidrap kembali membuka layanan pasien yang terdaftar di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Pelayanan dibuka, Senin hari ini, 22 Juli. Hal itu disampaikan Direktur RS Arifin Nu’mang Rappang, dr Budi Santoso MKes, saat dihubungi melalui telepon seluler, Minggu, kemarin. “Insya ASllah, kita akan lakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan BPJS Kesehatan. Rencananya akan berlangsung di ruang Sekda Sidrap, Senin pagi,” katanya.

Menurutnya, RS Arifin Nu’mang Rappang berhasil meraih akreditasi bintang lima paripurna, setelah dilakukan survei akreditasi dan verifikasi oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). Tim tersebut melakukan survei akreditasi sejak, Senin hingga Kamis, (8-11) Juli 2019. Tim terdiri tiga orang, yakni dr H Riza Iriani Nasution SpA Ns, Purwanto S Kep M Kep CWCC, serta drg Linawati, MH Kes.

Agendanya, melihat sejauh mana standar pelayanan kepada masyarakat, fasilitas, serta kompetensi yang dimiliki para dokter dan staf di rumah sakit yang terletak di Rappang, Kecamatan Panca Rijang tersebut. “Alhamdulillah, akreditasi bintang lima paripurna itu sudah kami kantongi. Ini semua berkat usaha dan doa seluruh masyarakat,” kata dr Budi. Dia mengatakan, akreditasi rumah sakit (RS) sangat penting dilakukan agar RS memiliki standar pelayanan dengan fokus utama pasien. Terdapat empat standar bagi RS untuk mendapat akreditasi, yakni kelompok standar pelayanan berfokus pada pasien, kelompok standar manajemen RS, keselamatan pasien RS dan sasaran program nasional (Prognas).

Menurutnya, dari standar tersebut, RS Arifin Nu’mang telah memenuhi semua unsur itu. “Makanya, kita raih akreditasi utama,” kata dr Budi. Pada Senin 8 Juli lalu, Tim dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS), memang melakukan survei akreditasi dan verifikasi di Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Nu’mang Kabupaten Sidrap. Di sela-sela kegiatan, Sekretaris Kabupaten Sidrap, Sudirman Bungi melakukan pertemuan dengan tim surveyor di ruang kerja Direktur RS Arifin Nu’mang. Sudirman Bungi didampingi Direktur RS Arifin Nu’mang, dr Budi Santoso saat pertemuan.

Sekda Sidrap, Sudirman Bungi menyampaikan, tim akreditasi ingin melihat berbagai aspek dari RS Arifin Nu’mang. “Termasuk bagaimana respons dan hubungan pemerintah daerah terhadap upaya meningkatkan kualitas rumah sakit,” kata Sudirman usai pertemuan. (ira/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *