Potensi Sektor Pajak Kafe dan Restoran, Pemkot Parepare Lakukan Ini

by

PAREPOS.CO.ID,PAREPARE– Menjamurnya kafe dan restoran di Kota Parepare, memiliki potensi untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak. Terlebih diduga kuat masih banyak kafe maupun restoran yang tak memiliki izin, sehingga perlu dimaksimalkan untuk potensi pajak. Menyikapi hal itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare telah memasang 20 alat canggih, electronik tax di kafe dan restoran.

Hal itu diungkapkan, Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe, saat berikan sambutan di Rapat Paripurna Pengesahan KUA PPAS APBD Perubahan 2019 di Gedung DPRD Kota Parepare, beberapa waktu lalu. “Electronik tax yang dipasang di kafe dan restoran dipantau Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sekarang alat itu sudah dipasang di 20 kafe dan restoran di Kota Parepare dan ditargetkan 200 unit,” katanya.

Pemasangan alat electronik ini telah diuji coba sejak 1-3 Juli 2019. Hasilnya cukup menggembirakan, pajak sektor kafe dan restoran bisa naik hingga 151 persen. Jika 200 alat electronik tax sudah terpasang, maka PAD Kota Parepare dari pajak restoran dan kafe bisa mencapai Rp300 miliar. Pemasangan electronik tax itu, mengantisipasi kebocoran PAD dari sektor pajak kafe dan restoran. Ia berencana mengumpul para pengusaha kafe dan restoran wajib pungut dan tidak bisa diwakilkan. Bagi yang tidak datang akan ditutup usahanya.

Taufan pun mengimbau pelaku usaha harus jujur dalam membayar pajak. “Saya selalu support dan memback up pelaku usaha yang ada di Kota Parepare, tapi saya butuh kejujurannya,” katanya. Ditambahkannya, kini tugas KPK bukan hanya mengawasi mengenai kerugian negara, tapi lebih luas lagi yakni mengawasi daerah-daerah yang PAD selalu tidak sesuai atau bocor.(anj/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *