Samsat Pinrang Ungkap Ratusan Kendaraan Dinas Tunggak Pajak

by

PAREPOS.CO.ID,PINRANG– Kantor Bersama Samsat Pinrang mencatat ada ratusan kendaraan dinas (randis) milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pinrang yang belum terbayar pajaknya. Nilai total tunggakan berkisar ratusan juta rupiah lebih.  Kepala UPT Badan Pedapatan Daerah Kantor Samsat Pinrang Ayyub mengatakan, jika ditotalkan keseluruhannya, nilai tunggakan pajak kendaraan dinas lingkup Pemkab Pinrang sedikitnya mencapai Rp100 juta lebih untuk tahun 2018-2019.

Dia menjelaskan, tunggakan ini dinilai ada banyak faktor pertama beloh jadi pencairan dana dari pemerintah yang lambat, kedua ada juga yang masih tercatat asetnya pemkab, namun sekarang bukan lagi miliknya setelah adanya beberapa perubahan kewenangan.  “Kemungkinan ada juga kendaraan yang sudah didum, namun belum dibalik nama pemiliknya. Sehingga tidak menutup kemungkinan ada juga dinas yang membandel yang memang sengaja tidak ingin membayarnya karena sebutulnya setiap kendaraan dinas itu dianggarkan,” ungkap Ayyub, kemarin.

Dia mengharapkan agar Pemkab pro aktif melakukan sikronisasi data dengan Samsat Pinrang untuk menyelesaikan pajak randis yang menunggak.  Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Umum Setda Pinrang, Abd Rahman mengakui adanya tunggukan pajak tersebut. Namun, kata dia, pihaknya sementara melakukan pendataan ulang terkait randis yang menunggak pajaknya. “Pihak Samsat sudah melakukan koordinasi dengan kami, dan proses pendaatan sudah berjalan,” singkat Rahman. (nur/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *