Waspada, Tanah Longsor Masih Mengintai Wilayah Enrekang

by
Tanag Longsor yang terjadi di Perumahan Isbien Bamba

PAREPOS.CO.ID, ENREKANG–Bencana tanah longsor kembali terjadi di wilayah Kabupaten Enrekang, Rabu, 10 Juli, dini hari. Kali ini, longsor terjadi di Perumahan Isbien Bamba dan menutup badan Jalan Reformasi sepanjang 200 meter. Dampak lainnya, material longsoran menutup ruas jalan yang ada di Perumahan Labamba.

Curah hujan sejak Selasa, 9 Juli, yang terus menguyur wilayah Enrekang mngakibatkan tebing di sisi Perumahan Isbien Bamba longsor. Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 04.00 Wita. Material longsoran kemudian menutupi badan Jalan Reformasi yang menghubungkan Lingkungan Bamba, Kelurahan Puserren dan Lingkungan Talaga, Kelurahan Juppandang Kecamatan Enrekang sepanjang 200 meter dengan ketebalan lumpur sekitar 10 cm.

Jalanan menuju perumahan tersebut juga rusak karena ambruk bersamaan dengan tebing yang longsor.
Selain menutup badan Jalan Reformasi, material longsoran juga menimpa ruas jalan yang ada di Perumahan Labamba. Bahkan, beberapa teras rumah ikut tertimbun material longsoran. Perumahan Labamba terkena imbas dari peristiwa tersebut karena letaknya berada di sebelah bawah Perumahan Isbien.

Personel Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Enrekang, kemarin sekitar pukul 07.00 Wita, langsung menuju lokasi kejadian untuk melakukan pembersihan. “Anggota TRC BPBD Kabupaten Enrekang yang bertugas piket siaga bencana, segera menuju ke lokasi kejadian melakukan pembersihan dengan menggunakan mobil tangki, dan memindahkan material longsoran.

Pembersihan dilakukan hingga pukul 12.00 wita,” jelas Rizal, personel TRC BPBD Enrekang. Tidak ada kerugian ataupun korban jiwa pada kejadian tersebut. Hanya saja, jika curah hujan masih tinggi di wilayah Kecamatan Enrekang, kemungkinan besar longsor susulan akan terjadi. “Kami tetap pantau dan selalu waspada dari kemungkinan yang bisa terjadi, apabila curah hujan masih tinggi. Posko bencana di Kantor BPBD Kabupaten Enrekang selalu siaga 24 jam,” pungkas Rizal. (her/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *