Akibat Longsor 23 Titik di 7 Dusun di Desa Leppangeng Terisolir

by

PAREPOS.CO.ID, SIDRAP — Bencana longsor kembali terjadi di Desa Leppangeng, Kecamatan Pitu Riase, Kabupaten Sidrap yang mengakibatkan tujuh dusun terisolir. Saat ini jalur sepanjang 24 kilometer, dari jantung Desa Leppangeng ke 7 dusun itu tidak bisa dilalui kendaraan akibat tertutup material longsor. Ada sekitar 23 titik yang menjadi lokasi longsor.

Selain itu jembatan penghubung ke dusun terputus akibat banjir yang terjadi setelah diguyur hujan selama lima hari berturut turut. Bencana alam yang terjadi itu mengakibatkan sebanyak 1.300 jiwa terisolir dan tidak bisa beraktifitas keluar masuk ke desa.

Kepala Desa Leppangeng, Alias S.Pt mengatakan, saat ini aktifitas warga disana lumpuh total. Bencana longsor itu terjadi pada Senin, 19 Agustus, sekitar pukul 05.00 wita. “Jalur masuk ke 7 dusun tidak bisa dilalui kendaraan akibat tertutup material longsor,” katanya, Selasa, 20 Agustus.

Alias mengaku, longsor yang terjadi saat ini adalah yang terparah sejak beberapa tahun terakhir. “Jalur yang terkena longsor itu satu-satunya jalan penghubung ke dusun itu,” ujarnya.

Dikatakannya, warga yang terisolir di 7 dusun itu yakni Dusun Walawala 280 jiwa, Lumpingan 100 jiwa, Lengke 300 jiwa, Rante Siwa 150 jiwa. Kemudian di Dusun Leppangeng 180 jiwa, Galung 160 jiwa, dan Tosemang 130 jiwa. Selain itu, longsor juga merusak perkebunan cengke warga kurang lebih 100 pohon.

Saat ini, lanjut Kepala Desa Leppangeng, Alias S.Pt telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk melakukan penanggulangan bencana. Utamanya menyingkirkan material longsor dengan menggunakan alat berat jenis exapator. “Ini harus cepat kita lakukan, kalau tidak bisa-bisa kebutuhan makanan pokok warga disana habis karena tidak bisa keluar masuk pemukiman,” tandasnya.

Menyikapi kodisi wilayahnya, Bupati Sidrap, H Dollah Mando langsung merespon dengan memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) ke lokasi tersebut. (ira/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *