Aliran Dana BOS Diprotes Siswa di SMAN 1 Parepare, Ada Apa?

by

PAREPOS. CO.ID, PAREPARE — Ribuan siswa di SMAN 1 Kota Parepare menuntut transparansi pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) kepada pihak sekolah. Aksi damai dalam bentuk protes tersebut digelar di Lapangan SMAN 1 Parepare, Selasa 20 Agustus 2019. Aksi protes dilaksanakan usai salat duhur, dimana para siswa menuntut transparansi penganggaran dana kesiswaan, dana pengembangan ekstrakulikuler setiap semester, pengadaan buku yang mendapat keuntungan dari distributor dan dana BOS dialihkan ke guru honorer.

Koordinator Aksi, Muhammad Irfan mengatakan, beberapa organisasi ekstrakulikuler tidak pernah mendapatkan dana ketika menjadi peserta lomba baik ditingkat daerah, provinsi maupun nasional. “Semua organisasi ekstrakulikuler disini tidak pernah dibiayai transportasi saat lomba, bahkan kami patungan untuk membiayai transportasi kami sendiri,” katanya.

Irfan juga mengungkapkan, dana BOS yang selama ini diberikan pemerintah seakan disalahgunakan. Pasalnya, melihat dari kondisi beberapa kelas yang ada di sekolah unggulan Kota Parepare ini, plafonnya sudah rusak, bahkan ada salah satu kelas yang hanya ditopang dengan bambu sebagai penyangga. “Bisami kita lihat sendiri kak, banyak ruangan kami sudah rusak, ditopang bambu mami, padahal ada dana BOS. Makanya kami pertanyakan ini ke pihak sekolah,” ungkap Irfan.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kehumasan, Rudiansyah mengaku,  untuk organisasi ekstrakulikuler memang tidak diberi fasilitas dana, karena hal tersebut tidak sesuai dengan petunjuk teknis penggunaan dana BOS.”Memang kalau dana BOS itu penggunaannya tidak gelondogan yang dikasih namun ada item-item belanja, seperti listrik, dan pengadaan buku. Kalau memberikan dana untuk mengikuti lomba itu tidak sesuai juknis makanya tidak diberi,”katanya saat ditemui diruang kerjanya.

Merujuk pada peraturan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan No 3 Tahun 2019 tentang petunjuk teknis BOS reguler. Untuk tingkat SMA Sederajat jumlah anggaran dana BOS untuk tiap siswa mencapai Rp 1,4 juta peranak. Jumlah siswa di SMAN 1 Parepare saat ini mencapai sekitar seribu siswa lebih.(mat/ade)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *