Balai Bahasa Sulsel Tanamkan Budaya Literasi ke Murid SD

by

PAREPOS.CO.ID, PANGKEP — Balai Bahasa Sulawesi Selatan (Sulsel), berikan literasi kepada anak didik tingkat sekolah dasar, di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep). Menanamkan minat baca dan menulis anak, Balai Bahasa ini hadir di Pangkep memberikan motivasi untuk mendoktrin mulai dari usia dini untuk gemar membaca mencintai buku dan menulis.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan, Zainab, mengatakan memberikan motivasi dan menanamkan dari usia dini agar mencintai buku dan gemar membaca.”Kalau kita mau pintar, kita harus rajin membaca,” kata Zainab dalam kegiatan Pembinaan Kominitas Literasi di aula kantor Dinas Pendidikan Pangkep, Selasa 20 Agustus, 2019.

Selain memberikan motivasi, Balai Bahasa juga memberikan anak anak cara menulis dan bercerita. “Banyak manfaat kalau kita suka membaca dan menulis, di kegiatan ini kita juga melatih anak anak agar bisa tampil berani di depan publik,”terangnya. Lanjut Zainab, kegiatan Pembinaan Komunitas Literasi ini juga melibatkan beberapa pegiat literasi dan penulis di Pangkep. Yang nantinya terus akan mengembangkan untuk bisa mebudayakan literasi di Pangkep.”Balai Bahasa dalam kegiatan ini, mengajak pegiat serta komunitas literasi khususnya di Pangkep, untuk membudayakan membaca sejak dini,” kata Zainab.

Zainab menambahkan, salah satu hal yang bisa mendorong anak anak rajin membaca dan menyukai buku yaitu, memberikan mereka kebebasan memilih buku.”Jadi, kita harus memberikan kebebasan terhadap anak, seperti apa buku yang mereka inginkan, sukai. Misalnya memilih buku gambar atau bahan bacaan dongeng atau cerpen yang mereka suka dan inginkan,”ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, anak anak peserta SD berbagi kelompok untuk bisa mengerjakan bahan cerita yang telah diberikan narasumber. Lalu anak anak tersebut bercerita kembali dan menuliskan kembali seperti apa yang didengarkan. (awi/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *