Brimob Gelar Apel Power On Hand, Kapolda Sulbar: Harus Siap Setiap Saat

by

PAREPOS.CO.ID, MAMUJU– Kapolda Sulawesi Barat, Brigjen Pol Drs. Baharudin Djafar, M.Si pimpin langsung pelaksanaan apel gelar Korps Brigade Mobil (Brimob)
sebagai Power On Hand. Apel dilaksanakan dengan formasi lengkap dalam rangka penyiagaan pasukan Brimob nusantara sebagai Power on Hand pimpinan, Minggu 25 Agustus 2019. Kegiatan bertempat di Lapangan Apel Mako Polda Sulbar diikuti oleh PJU Polda Sulbar serta seluruh Personel Jajaran Satbrimobda Polda Sulbar dan Direktorat Samapta Polda Sulbar.

Adapun pasukan yang mengikuti Apel tersebut antara lain Pasukan PHH, Dit Samapta polda sulbar, Unit Jibom,Unit Wanteror, dan KBR serta Pasukan Anti Anarkis. Masing-masing dilengkapi dengan peralatan seperti Tameng, Ranmor R2, dan senjata serta Peralatan Lainnya yang merupakan alat pendukung dalam pelaksanaan tugas dilapangan.

Saat memberikan arahan, Kapolda sulbar menyampaikan, apel tersebut bertujuan untuk mengetahui dan memastikan kesiapan personel dalam pelaksanaan tugas apabila di gerakan secara tiba-tiba. Selain itu, kata Kapolda, apel juga bertujuan untuk menunjukkan kesiapan personel tersebut kepada masyarakat. Dengan begitu, masyarakat akan merasa aman dan nyaman.

“Apel gelar pasukan ini adalah untuk mengecek kesiapan baik personel maupun peralatan yang digunakan dalam pelaksanaan tugas. Agar sewaktu-waktu dibutuhkan perkuatan Satbrimobda Sulbar siap,” tegasnya. Kabid Humas Polda Sulbar, AKBP Hj  Mashura menambahkan, apel dilakukan secara serentak di seluruh Satbrimob daerah se- Indonesia, berdasarkan Perintah dari Kapolri sebagai Power on Hand pimpinan agar pasukan ini siap digerakkan setiap saat.

Selanjutnya, Kapolda Sulbar juga menyampaikan dalam waktu dekat ini dalam ruang lingkup daerah Sulbar akan di selenggarakan Pilkada 2020 di empat kabupaten. ” Kapolda berpesan kepada Karo OPS untuk segera mempersiapkan rencana pengamanannnya dan meminta seluruh personil Polda Sulbar agar betul betul membantu pengamanan dan pengawalan di setiap tahapan kegiatan tersebut agar masyarakat merasa aman,”katanya.

Giat apel ini bertujuan untuk mengecek sejauh mana kesiapan personil dalam rangka mengamankan situasi kamtibmas kedepannya, Serta sebagai bentuk dukungan polda sulbar atas atensi pimpinan agar menyiapkan personil brimob yang sewaktu-waktu dapat di gerakkan bila di perlukan.

Setelah selesai memimpin apel gelar pasukan, Kapolda Sulbar di dampingi Dansat Brimob dan PJU melakukan pengecekan terhadap peralatan dari masing-masing pasukan baik itu pasukan PHH, Dit Samapta dan pasukan Anti Anarkis serta unit Jibom, Wanteror dan KBR.(rls/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *