Bupati Majene Musnahkan Ribuan Akte Kelahiran dan e-KTP Invalid

by

PAREPOS CO. ID MAJENE– Bupati Majene Fahmi Massiara melakukan pemusnahan ribuan lembar akte kelahiran dan e-KTP invalid (Tidak terpakai) yang ada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Majene, Senin 12 Agustus 2019.

Akte kelahiran dan e-KTP dalam pada tahun sebelumnya hingga 2018, dimusnahkan dengan cara dibakar. Kegiatan digelar di halaman Kantor Disdukcapil Majene, disaksikan Kepala Disdukcapil Majene Mattalunru bersama jajarannya.

Fahmi menjelaskan, pemusnahan akte kelahiran dan e-KTP invalid dilakukan sesuai dengan instruksi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pusat.

“Surat edaran dikeluarkan mengingat banyaknya e-KTP yang tercecer. Pemusnahan ini dilakukan supaya kita semua mendapatkan kepastian, bahwa e-KTP yang invalid itu sudah kita dimusnahkan,” katanya.

Ia mengatakan, pemusnahan e-KTP yang dilakukan merupakan bukti nyata bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majene selalu cepat dalam merespon instruksi dari pemerintah pusat.

“Perlu diketahui, e-KTP yang dimusnahkan merupakan e-KTP yang sudah dicetak ulang karena sudah ada perubahan elemen data. Seperti status perkawinan, perubahan alamat dan sebagainya,” ujarnya.

Ia berharap, pemusnahan e-KTP invalid dapat meningkatkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap validitas data kependudukan di Majene

“Data kependudukan yang valid, berperan penting dalam perencanaan pembangunan yang jujur dan transparan. Untuk rincian dan jumlah keping e-KTP yang dimusnahkan, yakni e-KTP rusak sebanyak 230, pindah masuk 104, dan invalid 500 keping, sedangkan akte kelahiran perbaikan tidak sesuai ijazah sebanyak 279 dan yang rusak 168 lembar,” terangnya.

Sementara, Kadidukcapil Majene Drs Mattalunru menyebutkan, pemusnahan e KTP dan akte kelahiran itu sudah sesuai prosedur yang ada. Termasuk sudah dibuatkan dalam berita acara yang jumah totalnya mencapai 1.281 keping. (edy/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *