Dana BOS di SMAN 1 Parepare jadi Sorotan, Sudah jadi Bahan Lidik Polres Parepare

by
Sejumlah spanduk yang berada dilingkungan sekolah

PAREPOS.CO.ID,PAREPARE– Transparansi pengelolaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) di SMAN 1 Parepare menimbulkan reaksi berbagai pihak. Ketua Dewan Pendidikan Sulawesi Selatan (Sulsel), Adi Suryadi, mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan laporan terkait protes peserta didik di SMA Negeri 1 Parepare. Ia pun mengaku, sudah melakukan pengawasan ke sekolah tersebut.

Adi pun meminta agar pihak sekolah mempergunakan dana BOS sebaik-baiknya dan sesuai ketentuan yang berlaku. Pengelola dana BOS yang terbukti melakukan penyalahgunaan anggaran bantuan, maka bukan hanya pengawasan, namun sekolah akan mendapatkan sanksi. “Masalah ini sudah mejadi perhatian kami dari Dewan Pendidikan, termasuk pungutan di sekolah kepada murid. Mestinya tidak boleh, karena sudah ada dana BOS,” katanya.

Saat ini, kata dia, sekolah tidak boleh memungut biaya apapun kepada peserta didik, kecuali sifatnya sukarela dari peserta didik sendiri dan sudah memiliki aturan.  Terpisah, Kapolres Parepare melalui Kepala Unit Tindak Pidana Korupsi (Kanit Tipikor), Inspektur Dua (IPDA) Sukri, mengatakan, saat ini, pihaknya sudah melakukan penyelidikan di sekolah tersebut.

Ia mengaku, melakukan penyelidikan sejak tahun 2017. Dua tahun lalu, polisi sudah melakukan pengawasan terhadap sekolah yang berstatus mandiri dan standar nasional.  “Sebenarnya sudah kami lakukan pengawasan sejak 2017. Jadi sebelum hal ini menguak, kita sudah tahu lebih dulu,” kata IPDA Sukri. “Iya kami sementara ini melakukan penyelidikan. Kita juga sudah melayangkan surat kepada kepala sekolahnya agar dilakukan pemeriksaan,” ujarnya.

Ditambahkannya, sejumlah sekolah pun kini sudah menjadi pantauan dan bukan hanya SMAN 1 Parepare. Dari pantauan media ini beberapa waktu lalu, SMAN 1 Parepare yang merupakan salah satu sekolah unggulan dan favorit masih memiliki ruang tempat belajar yang rusak, seperti plafon yang bocor, kaca jendela pecah. Bahkan, ada satu kelas yang ditopang dengan bambu sebagai penyangganya.(mat/ade)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *