Dinas PKP Parepare Imbau Pilih Hewan Kurban Bersertifikat

by
Pemeriksaan ternak oleh tim PKP Kota Parepare

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE– Jelang hari raya Idul Adha 1440 Hijriyah atau Idul Kurban, Dinas Pertanian, Kehutanan dan Perikanan (PKP) Kota Parepare gelar pemeriksaan hewan kurban jenis sapi di sejumlah titik peternakan. Pemeriksaan hewan kurban mulai dari gigi, mata, serta usia sapi yang layak atau memenuhi kriteria sapi kurban. Tujuannya, guna memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat dalam mengkonsumsi daging kurban pasca Idul Adha nanti.

Tim pemeriksaan dipimpin langsung Plt Kepala Dinas PKP Kota Parepare, Hj Rostina mengatakan, pemeriksaan tersebut sudah berjalan selama tiga hari, dan hingga saat ini pihaknya belum menemukan hewan kurban yang terjangkit penyakit, atau hewan yang tidak layak untuk dijadikan kurban. ” Hewan ternak yang sudah diperiksa dan dinyatakan layak, kami keluarkan sertifikat. Jadi kami mengimbau masyarakat untuk memilih hewan yang memiliki sertifikat untuk kurban,” jelasnya.

Dalam pemeriksaan hewan kurban ini, tentu hewan kurban harus memiliki klasifikasi agar hewan ternak dikatakan layak. Hal itu diungkapkan, Petugas Dinas PKP Parepare, dr Nurdin, yang menjelaskan secara detail beberapa kriteria hewan ternak yang layak untuk dikurbankan. Ternak yang layak dikurbankan diantaranya, hewan tersebut harus cukup umur minimal dua tahun, yang ditandai dengan adanya pergantian gigi seri satu pasang, minimal berusia dua tahun dan sapi harus benar-benar sehat dan tidak ada cacat.(mat/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *