Gelar Rakor dengan PKL, Ini Kesepakatannya di Kecamatan Ujung

by

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE– Camat Ujung , Ulfa Lanto S.STP memimpin rapat koordinasi dengan para Pedagang Kaki Lima ( PKL ) Pare Beach, Senin 19 Agustus 2019, di ruang rapat kantor Kecamatan Ujung. Rapat koordinasi tersebut membahas tentang kebersihan lingkungan yang dihadiri instansi terkait. Diantaranya Dinas Kebersihan, Dinas Perdagangan, Lurah Mallusetasi, Lurah Ujung Sabbang, UPTD Pasar, Kapolsek KPN dan Danramil Ujung.

Dalam sambutannya, Camat Ujung menuturkan, posisi Pare Beach sebagai salah satu ikon Kota Parepare sangat strategis karena berada di pusat kota dan banyak dikunjungi warga dari berbagai daerah. Ia pun berharap agar para PKL dapat menjaga kebersihan. ” Gerobak setelah menjual harus dibawa pulang ke rumah masing-masing. Terkait kebersihan, PKL jangan terlalu berharap dari pemerintah. Akan tetapi dimulai dari sendiri sehingga kebersihan terjaga dari kesadaran sendiri,”ujar Ulfa.

Ulfa lebih jauh mengingatkan, Kecamatan Ujung memiliki banyak objek atau ikon kota diantaranya, Balai Ainun, Monumen Patung Cinta Habibie Ainun dan Museum Habibie yang sementara dalam rencana pembangunan. Maka gotong royong harus terbangun diantara para PKL demi kebaikan kita semua.

Dalam pertemuan tersebut, sejumlah lurah menyampaikan inovasi yang akan dilakukannya serta perkembangan wilayahnya. Lurah Ujung Sabbang, Wahyufi, S.STP misalnya merencanakan membangun Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang di atasnya ada taman bermain dan Ruang Terbuka Hijau ( RTH) di sekitar Pasar Senggol.

Adapun Lurah Mallusetasi, M Shodiq Asli Umar menyampaikan terkait keluhan PKL terkait banyaknya anak-anak jalanan yang selalu berbolak balik di sekitar Pare Beach. Hal itu menimbulkan rasa ketikdaknyamanan para pengunjung dan ini sangat berpengaruh terhadap tingkat daya beli masyarakat.

Dari hasil rapat koordinasi antar Tim Terpadu Kecamatan Ujung dan instansi yang terkait tentang kebersihan sekitar Pare Beach. Memutuskan tiap PKL bertanggungjawab penuh akan kebersihan lingkungannya.Dan semua instansi terkait siap mendukung apa yang telah disepakati dengan PKL. Bahkan, Lurah Ujung Sabbang dan Mallusetasi disepakati dan ditunjuk sebagai koordinator PKL di wilayahnya masing-masing.(rls/ade)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *