Gubernur Sulsel Imbau Pengawasan di Sektor Pajak

by
Gubernur Sulsel dampingi Wapres RI, HM Jusuf Kalla dalam kegiatan jalan santai pagi tadi

PAREPOS.CO.ID,MAKASSAR– Salah satu sumber pendapatan daerah adalah sektor pajak sehingga kepatuhan dan kelancaran pembayaran pajak dari masyarakat akan berdampak terhadap optimalisasi pendapatan pusat dan daerah.Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari tim koordinasi dan supervisi pencegahan (Korsupgah) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Kawasan Timur Indonesia.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah mengatakan optimasi pendapatan daerah akan diekplorasi seluruh potensi sumber pendapatan daerah sehingga kemampuan keuangan kita dapat terus ditingkatkan secara terukur dan berkelanjutan. Dan itu perlu diawasi dengan cermat.

Tim Korsupgah KPK Kawasan Timur Indonesia, Linda menuturkan, sumber potensi pendapatan pusat dan daerah termasuk optimalisasi sektor pajak harus ditingkatkan. “Kepatuhan dalam bayar pajak harus dikawal dan diawasi. Olehnya itu kami juga menfasilitasi penandatanganan nota kesepahaman MoU dan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Pemprov Sulsel dengan pihak Kantor Dirjen Pajak Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara (Sulselbarteng),”tegasnya.

Lebih lanjut, Linda mengatakan,Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerjasama (PKS) tersebut memuat kerjasama dalam pertukaran data bagi pelaku wajib pajak yang patuh dan menunggak sehingga dapat dijadikan sebagai kontrol terhadap kinerja pendapatan pajak pusat dan daerah.

Terpisah, Kadis Kominfo Sulsel, Andi Hasdullah menyebut penandatanganan MoU dan PKS sektor pajak itu direncanakan akan dilaksanakan bersamaan dengan MoU dan PKS dengan BPH Migas dan PT Pertamina pada tanggal 13 Agustus 2019 mendatang di Kantor Gubernur Sulsel.(*/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *