Hari Raya Idul Adha, Ini Pesan Walikota Parepare

by

PARE POS. CO. ID, PAREPARE — Hari Raya Idul Adha merupakan salah satu hari besar bagi umat Islam di seluruh dunia yang dikaitkan dengan ibadah haji di Tanah Suci Makkah dan berkurban. Tapi, sering kali kita melupakan makna dan hakekat dalam berkuban itu sendiri.

Berikut pesan Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe menyambut lebaran Iduladha. Taufan mengajak, masyarakat Kota Parepare memaknai lebaran haji, sebagai bentuk ketakwaan kepada Allah SWT, seperti yang dicontohkan Nabi Ibrahim AS.

Tapi bagi Taufan, hakekat berkurban ialah belajar untuk mengikhlaskan dan mengevaluasi diri dan mendekatkan diri kepada sang Pencipta, Allah SWT.
“Saya menginginkan jajaran Pemerintah Kota Parepare pada Iduladha atau lebaran kurban ini, memaknai dalam dengan sikap kerelaan, keikhlasan hati, dengan mengorbankan hewan kurban sebagai bentuk mendekatkan diri kepada Allah.

Jadikan momen ini juga untuk mengevaluasi diri agar kita dapat merenungkan apa yang pernah kita lakukan,” katanya. Bukan hanya itu, Taufan mengajak, masyarakat Kota Parepare agar menghayati dan menerjemahkan hakekat berkurban. Menurutnya berkurban memiliki nilai-nilai yang baik, diantaranya, silaturahmi, ikhlas, dan meningkatkan ketakwaan.
“Kita harus menerjemahkan hakekat dari berkurban yang sebenarnya bahwa ada ruang untuk kita lebih dekat kepada kepada Allah SWT,” katanya.

Menurutnya, berkurban harus menghayati bagaimana mengintrospeksi diri. “Saya atas nama Pemerintah Kota Parepare agar memaknai kurban ini tidak secara simbolik saja, tapi memaknai betul hakekatnya,” ujarnya.
“Saya yakin masyarakat Kota Parepare sangat religius, maka dari itu saya mengajak agar pererat silaturahmi, agar kota yang kita cintai ini menjadi kota yang diberkahi,” katanya.

Program-program pembangunan yang telah dicanangkan pemerintah tidak ada yang mengalami kendala. Selamat melaksanakan ibadah Iduladha, semoga kita semua lebih dekat kepada-Nya,” pesan HM Taufan Pawe.(has/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *