Hari Raya Kurban, Wali Kota Parepare Sembelih Tiga Ekor Sapi

by

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE — Hari Raya Idul Adha menjadi momentum tersendiri bagi seluruh umat muslim di seluruh dunia. Apa lagi pada hari besar tersebut, para dermawan berlomba-lomba untuk berkurban, tak terkecuali Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe (TP).
Iduladha tahun ini, Taufan Pawe, akan mengurbankan tiga ekor sapi dengan berat 100 kilogram (kg).

Taufan menysukuri, dirinya masih disempatkan berbagi dengan sesama.
Menurut TP, disunnahkan bagi yang berkurban melihat dan memilih sendiri hewan kurbannya agar terhindar dari cacat dan memberikan kepuasan.
Ia mengaku, dirinya melihat sapi yang akan dikurbankan, usai Salat Jumat di Masjid Baitul Mina, Lontangnge, Kelurahan Wattang Bacukiki, Kecamatan Bacukiki, kemarin.

“Alhamdulillah, Allah memberikan kembali rezeki kesehatan maupun materi, sehingga pada tahun ini, saya pribadi masih bisa kembali berkurban. Tadi juga saya baru-baru melihat hewan kurban saya, kerena itu sunnah sebelum berkurban,” kata TP kemarin.

Taufan menjelaskan, peninjauan ke lokasi hewan kurban, memastikan kondisi hewan kurban dalam keadaan sehat dan layak kurban sesuai syariat Islam. “Sapi yang akan dikurbankan harus dalam keadaan sehat. Seperti matanya harus jernih, tidak ada cacat, tidak boleh ada kekurangan. Setelah itu, kami berkeliling, ternyata semuanya dalam kondisi sehat dan layak dijadikan hewan kurban,” kata Taufan.

Taufan berkurban dengan menyembelih hewan kurbannya sendiri, karena baginya hal itu sesuai syariat Islam.
“Biasanya saya sembelih sendiri dan dianjurkan sesuai syariat Islam. Ada kenikmatan tersendiri jika menyembelih sendiri,” kata Taufan. Pada┬ákesempatan itu, TP mengimbau, masyarakat Kota Parepare agar pada Iduladha nanti silaturahmi tetap terjaga baik, agar hakikat berkurban benar-benar dirasakan.

“Berkurban mengajarkan kita untuk ikhlas dan menjaga silaturahmi dengan baik. Saya mengimbau, keharmonisan antara masyarakat dan pemerintah tetap terjaga dengan baik,” kata Taufan Pawe.(mat/ ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *