Kades Taramanu Tua Indahkan SK Ini, DPMP Ancam Penonaktifan

by

PAREPOS.CO.ID,POLMAN — Kepala Desa Taramanu Tua, Jaelani mengindahkan Surat Keputusan (SK) pembatalan atau pencabutan penarikan perangkat desa yang digantikan. SK tersebut merupakan putusan dari Pemerintah Kecamatan Tubbi Taramanu (Tutar), Kabupaten Polewali Mandar ( Polman). Dimana putusan tersebut ditandangani oleh Camat Tutar, Nurdin A.Ma SPd pertanggal 15 Juli 2019.

Kades Taramanu Tua diminta untuk mencabut SK pemberhentian aparat desa tertanggal 15 Januari, karena tidak sesuai dengan Permendagri Nomor 67 Tahun 2017 dan Perda Nomor 6 tahun 2017 dengan batas waktu satu minggu setelah diterimanya surat tersebut.

Namun, SK tersebut diindahkan dan Kepala Desa Taramanu Tua tetap mengaktifkan dua perangkat desanya yang baru untuk tetap berkantor. Sementara dalam SK Camat harus ditarik.

Salah satu aparat Desa Taramanu Tua membenarkan tidak dilaksanakannya SK tersebut. Sebelumnya dua perangkat Desa Taramanu Tua yang lama yakni Asri selaku Sekdes dan Lukman selaku Kaur Umum Desa diberhentikan tanpa alasan yang jelas dan ditawarkan pekerjaan lainnya, sebagai fasilitator ditingkat Desa.

“SK nya sudah dicabut tapi posisi kami belum dikembalikan oleh pak Desa, justru pak Desa malah menawarkan pekerjaan lainnya,” ungkap Lukman saat ditemui di Cafe Indah, Selasa, 13 Agustus.

Selain menuntut posisi mereka dikembalikan di Desa Taramanu Tua, Lukman dan Asri juga mengungkapkan adanya ketidaksesuaian pembayaran gaji karena masih terdapat tiga bulan yakni April, Mei dan Juni belum dibayarkan oleh Bendahara Desa.

Terpisah Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat (PMD) Azwar Jasin sauru menyampaikan, pihaknya belum dapat menyimpulkan apakah Kades Taramanu Tua tidak mengindahkan surat Camat ke Desa Taramanu Tua atau bagimana .

Untuk itu kita akan meminta klarifikasi Kepala Desa, dan jika memang benar tidak mengindahkan surat Teguran itu,maka setelah klarifikasi dengan Kades Maka kita akan layangkan surat teguran yang ditandatangani oleh Pak Bupati untuk memberikan tempo 1 minggu untuk menonaktifkan sementara Kepala Desa.(win/Ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *