Kriminalitas Menurun, Kasus Narkoba dan Lakalantas Menonjol di Sulbar

by

PAREPOS.CO.ID,MAMUJU– Sesuai data keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) Biro Operasi (Biro Ops) Polda Sulbar, terungkap jika situasi diwilayah hukumnya dari bulan Juni-Juli 2019 masih terkendali dengan sangat baik. Hal ini ditandai dari angka kejahatan yang dapat terus ditekan dan tidak terlepas dari partisipasi seluruh pihak.

Untuk analisa dan evalusi, disimpulkan bahwa kriminalitas mengalami penurunan kasus dari 194 ke 174 kasus atau sebanyak 21. kasus atau -11%. Namun, kasus yang mengalami peningkatan adalah kasus narkoba. Tercatat dalam bulan Juni 2019, kepolisian menangani 7 Kasus dan pada bulan Juli meningkat menjadi 11 kasus.

Hal itu diungkapkan, Kapolda Sulbar, Brigjen Pol Drs. Baharudin Djafar, M.Si saat menggelar ngopi bareng bersama awak media di halaman Mapolres Mamuju, Jumat 23 Agustus 2019. Lebih jauh, kata Kapolda, mengenai data pelanggaran lalu lintas mengalami peningkatan sebanyak 418 Kasus. Pada Juni sebanyak 721 kasus, naik menjadi 1.210 di bulan Juli 2019 atau sekitar 68%.

” Namun untuk angka kecelakaan lalu lintas kurun waktu bulan Juni 2019 dibandingkan Juli 2019. Alhamdulillah mengalami penurunan sebanyak 2 kasus sekitar 3 % dari 58 kasus kecelakaan di bulan Juni menjadi 56 kasus kecelakaan di bulan Juli.
Pelanggaran dan kecelakaan yang terjadi masih dipengaruhi kurangnya kesadaran masyarakat tentang aturan berlalu lintas, kurangnya pemasangan dan perbaikan rambu-rambu lalu lintas, serta pemasangan tanda petunjuk rawan kecelakan dan kondisi jalanan yang licin akaibat curah hujan,”ungkapnya.

Terpisah, Kabid Humas Polda Sulbar, AKBP Hj Mashura menuturkan, kegiatan coffee morning atau ngopi bareng ini diisi dengan bincang santai sekaligus membahas terkait perkembangan situasi kamtibmas. “Tujuannya ya tentu permasalahan yang ada di sulbar bisa tuntaskan bersama melalui masukan dan saran dari teman-teman media,”katanya. (rls/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *