Lomba Gapura ‘Cinta Negeri’, Kelurahan Mallusetasi jadi Peserta

by

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE — Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare siap berpatisipasi dan menyukseskan Festival Gapura Cinta Negeri. Lomba ini memungut semangat persatuan, persaudaraan dan gotong rotong sekaligus melestarikan tradisi perayaan 17 Agustus. Tahun ini, Kelurahan Mallusetasi, Kecamatan Ujung, mengikuti lomba gapura di nasional dengan menyiapkan dua gerbang. Gerbang yang akan diikutkan pada Festival Gapura Cinta Negeri diinisiasi warga setempat bersama pihak kelurahan. Kedua gerbang yang mengikuti loba gapura tingkat nasional yakni gerbang di RW I dan RW V.

Ketua RW I Kelurahan Mallusetasi, Andi Okasa Bambang mengatakan, pihaknya mengikuti dua lomba yakni lomba gapura digelar Kementerian Dalam Negeri dengan tema Cinta Negeriku dan lomba mewarnai gerbang diprakarsai perusahaan Cat Nasional PT.Nippon Paint. “Kami mengikuti dua lomba itu dengan semangat nasionalisme keindinesiaan. Moment ini sangat bersejarah dan kami tidak dibiarkan berlalu begitu. Kami mengajak, warga berpartisipasi, percantik gerbang yang akan dilombakan di tingkat nasional,” katanya.

Ketua RW V Andi Agussalim atau yang biasa disapa Andi Aco, mengaku, pihaknya siap mengikuti lomba gapura tingkat nasional. Gerbang yang akan diikutkan lombakan di RW I RT I terletak di perumahan Pekerjaan Umum (PU) Sulsel atau berhadapan dengan Rumah Sakit Sumantri dan di belakangnya Rumah Sakit Fatima berdampingan dengan SPBU. “Lokasi ini sangat strategis, berada di tengah kota, dekat kantor BRI Cabang atau bersebelahan lokasi tersebut. Warganya bergotong royong membangun gapura. Mulai mulai anak muda sampai orang tua ikut berpartisipasi,” katanya.

Sedangkan, gapura yang akan dilombakan di RW V RT II lokasinya berada di jantung kota, lorongnya diberi nama lorong Habibie, nama Presiden RI ke-3. Ia beralasan memilih nama lorong Habibie,lokasi itu tempat bermain BJ Habibie di masa kecil. “Kami memilih lorong Habibie, tempat itu bermainnya Pak Habibie di masa kecilnya bersama teman dekatnya H.Lacabu pensiunan Pamong Praja,” katanya.

Lurah Mallusetasi Kecamatan Ujung HM Shodiq Asli Umar, meminta dukungan kepada semua pihak agar lomba yang diikuti bisa meraih hasil maksimal. Partisipasi warga setempat memberikan memotivasi tersendiri sehingga bisa berbuat terbaik. “Dua pintu gerbang Keluruhan Mallusetasi ikut lomba tingkat nasional adalah bagian dari perhatian kami kepada lingkungan. Kami mohon dukugan semua pihak agar kedua gerbang itu bisa bersaing di tingkat nasional,” katanya.

Pemerintah Republik Indonesia menggelar Festival Gapura Cinta Negeri, dengan mengusung tema ‘Cinta Negeri’. Periode pengiriman materi dari tanggal 17 Juli hingga 17 Agustus. Kategori terbagi dua yaitu kategori masyarakat umum dan kategori lembaga/instansi/perusahaan/organisasi. Festival ini, memperebutkan 15 piala dengan total hadiah Rp1 miliar. Ini terbagi atas 10 piagam dan piala untuk 10 pemenang kategori umum dan hadiah senilai Rp50 juta/pemenang.

Tiga piala dan piagam untuk tiga pemenang gapura kategori lembaga/instansi/ perusahaan/organisasi. Satu piala dan piagam untuk gapura favorit dan hadiah senilai Rp100 juta dan 1 Piala Presiden bergilir dan piagam untuk gapura terbaik dan hadiah uang tunai senilai Rp250 juta. (anj/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *