Mahasiswa AP16 FISIP Uncen Sukses Gelar KKL di Yabanda

by

PAREPOS, JAYAPURA — Sebanyak 86 Mahasiswa reguler angkatan tahun 2016 Program Studi Ilmu Administrasi Publik (AP16), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Cenderawasih (UNCEN) Jayapura menggelar kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di Kawasan perbatasan Republik Indonesia (RI)-Papua New Guinea (PNG).

Dengan sejumlah program kerja yang ada, pelaksanaan kegiatan KKL tersebut berjalan sukses. Hal ini merupakan wujud implementasi tri dharma perguruan tinggi, dalam hal ini dharma ketiga pegabdian kepada masyarakat.

Kehadiran puluhan peserta KKL di Kampung Yabanda, Distrik Yaffi, Kabupaten Keerom selama seminggu terhitung sejak 3-10 Agustus 2019 mendapatkan apresiasi dari Kepala Distrik Yaffi, Tokoh Adat, para Kepala Kampung dan masyarakat setempat.

Dalam sambutannya Kepala Distrik Yaffi Herry Wabes S, S.Sos menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran peserta KKL Prodi Ilmu Administrasi Publik, FISIP UNCEN. Diapun berharap kedepannya pelaksanaan KKL FISIP UNCEN dapat kembali diselenggarakan di Distrik Yaffi.

“Mewakili pemerintah dan masyarakat Distrik Yaffi kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tak terhingga atas sejumlah program kerja yang telah terlaksana dengan baik, tentu kedepannya harapan kami pelaksanaan KKL dapat kembali digelar di Distrik Yaffi,”harap Herry Wabes S, S.Sos yang juga merupakan Alumni FISIP UNCEN.

Sementara itu, Ketua KKL Corinus Yee Mate menyampaikan ucap syukur dan ungkapan rasa terima kasih tak terhingga pula kepada seluruh pihak atas kerjasamanya sehingga pelaksanaan kegiatan KKL dapat berjalan dengan lancar dan baik.

“Secara pribadi, saya mengucap syukur terutama kepada Tuhan karena tuntunannya kegiatan KKL bisa berjalan lancar sesuai dengan harapan. Selain itu terima kasih yang sebesar-besarnya kepada ketiga dosen pembimbing dan pihak pemerintah Distrik Yaffi, pemerintah Kampung, tua-tua adat kampung Yabanda dan semua pihak yang membantu kami menyukseskan kegiatan KKL,”ujarnya

Lanjut Corinus Yee Mate mengatakan walaupun waktu kegiatan terlihat begitu singkat namun banyak hal pembelajaran yang diperoleh selama di kampung Yabanda. Kata dia, terutama nilai-nilai kebersamaan, keakraban dan kekompakan antar Mahasiswa dan dosen.

“Pesan saya, walaupun kampung Yabanda ini terlihat terpencil dan jauh dari daerah perkotaan, gaya hidup masyarakat masih terlihat komunal, namun harapan kami agar terus ada sentuhan Mahasiswa maupun pemerintah setempat demi untuk memajukan kehidupan masyarakat Yabanda dan Papua pada umumnya,”harap Corinus Yee Mate.

Lebih Lanjut Corinus Yee Mate mengungkapkan selama pelaksanaan KKL berlangsung berbagai kesan yang ia dapat petik. Kata dia, terutama atas sambutan dan keramahan masyarakat serta kehidupan bermasyarakat yang masih terikat dengan budaya mereka.

“Disinilah saya secara pribadi berfikir jika memang benar Papua itu kaya akan keanekaragaman. Kesan saya terhadap teman-teman Mahasiswa dan dosen bahwa dalam kegiatan KKL kita terlihat akrab sekali, untuk itu terima kasih atas kepercayaan teman Mahasiswa, dosen atas tanggung jawab yang diberikan, karena disini saya banyak mendapatkan hal baru terutama tentang kepemimpinan,”tutupnya

Sekedar diketahui, melalui tridharma salah satunya pengabdian kepada masyarakat Mahasiswa diharapkan mampu menjadi kaum intelektual yang bergagasan, berpikir kritis, dan bercita-cita membawa perubahan ke arah yang lebih baik. Khususnya di tanah Papua.

Untuk pelaksaan KKL Mahasiswa reguler AP16 FISIP Uncen itu sendiri didampingi oleh tiga dosen, masing-masing koordinator Aldrin W Gainau S. Sos., MPA, dan dua dosen lainnya M. Zaenul Muttaqin, S.Sos., M.Si dan Ilham, S.Sos., M.Si. (*)

Penulis : Ilham

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *