Musim Kemarau, Pemuda Pancasila Salurkan Air Bersih ke Warga

by
Ormas Pemuda pancasila parepare saat membagikan air bersih ke warga

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE —  Ormas  Pemuda Pancasila bekerjasama dengan PDAM dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Parepare, melakukan pemberian air bersih gratis ke masyarakat di Kampung Bilalaeng, Kelurahan Lemoe, Kecamatan Bacukiki. Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk mendukung akses air bersih bagi daerah yang kesulitan air bersih di musim kemarau. Selain itu, kegiatan juga dimaksudkan untuk menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-74.

Ketua Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila (MPC PP) kota Parepare, Fadly Agus Mante, mengatakan, setiap musim kemarau seperti ini warga yang tinggal di Kampung Bilalange kesulitan untuk mendapatkan akses air bersih dan tiap tahun mengalami hal tersebut. Masyarakat di daerah tersebut kesulitan akses air bersih dikarenakan bebarapa faktor.

Faktor penyebabnya adalah kurang optimalnya penggunaan sumur galian bor yang berada dikawasan tersebut. ” Jadi kami berinisiatif untuk membantu masyarakat dalam hal pemenuhan kebutuhan air bersih di musim kemarau tahun ini, dan sekaligus merealisasikan komitmen ormas Pemuda Pancasila sebagai mitra pemerintah Kota Parepare yang bergerak dibidang sosial kemasyarakatan,” katanya.

Fadly mengungkapkan, dalam kegiatan tersebut, ada dua tangki berisi air bersih untuk masyarakat Bilalange. Tidak sampai di situ, Fadly sangat berharap kegiatan sosial ini terus akan berlanjut. “Kita selalu berupaya dapat hadir untuk masyarakat, dan kita upayakan kegiatan ini akan terus berlanjut,” ungkapnya.

Sementara itu, Koordinator kegiatan operasi Peduli Air Bersih, Amri Kalbu menuturkan, kurangnya suplai air tanah atau debit mata air diakibatkan kurangnya resapan air. Dan untuk megatasi hal itu, perlu adanya lahan resapan lebih luas untuk menjaga kondisi sumber air. “Sangat diperlukan kesadaran dalam penjagaan dan pengupayaan untuk membuat lahan resapan yang lebih luas untuk mejaga kondisi sumber air yang berada di Kota Parepare, sehingga dapat mejamin ketersedian air bagi anak cucu kita di masa depan,”ujar Ketua Badan Lingkungan Hidup Pemuda Pancasila tersebut.(mat/ade)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *