Ops Patuh 2019, Ini Tiga Target Prioritas Satlantas Parepare

by

PAREPOS.CO.ID,PAREPARE– Satuan Lalu Lintas Polres Parepare kembali akan menggelar operasi lalu lintas dengan sandi ‘ Operasi Patuh 2019’ diwilayah hukumnya. Kasat Lantas Polres Parepare, AKP Budi Susilo menuturkan, operasi ini akan digelar selama 14 hari dari tanggal 29 Agustus hingga 11 September 2019. Tujuan operasi dilaksanakan agar tercipta situasi lalu lintas yang aman, tertib, dan lancar pada lokasi rawan kecelakaan, pelanggaran dan kemacetan. ” Operasi patuh ini diharapkan dapat lebih meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas,”kata AKP Budi Susilo melalui WhatsApp pribadinya, kemarin.

Dalam operasi ini, ada delapan target sasaran pelanggaran diantaranya pengedara yang melawan arus, berkendara di bawah pengaruh alkohol, menggunakan ponsel saat mengemudi, mengemudikan kendaraan tidak menggunakan sabuk keselamatan dan melebihi batas kecepatan. Selanjutnya, pengedara motor yang tidak menggunakan helm SNI, berkendara di bawah umur dan tidak memiliki SIM. Kendaraan roda dua dan empat yang tidak dilengkapi dengan perlengkapan standar, kendaraan bermotor roda dua atau empat yang tidak dilengkapi dengan STNK dan kendaraan bermotor yang memasang rotator dan atau sirine yang bukan peruntukannya. “Ada tiga pelanggaran yang akan menjadi priorotas operasi yakni pengendara yang tidak menggunakan helm SNI, berkendara di bawah umur dan tidak memiliki SIM serta melawan arus,”singkatnya.

Saat disinggung mengenai kendaraan roda empat yang kerap menggunakan badan jalan sebagai lahan parkir. Kasat Lantas mengakui, jika hal itu tidak masuk target dalam operasi patuh. Akan tetapi, tetap menjadi pantauannya dan dilakukan penindakan. “”Kami beberapa waktu lalu menilang kendaraan roda empat yang memarkir kendaraannya di badan jalan, dan itu akan kita terus lakukan,”tegasnya.(ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *