Sampoerna Raih Juara, Bupati Majene: Festival Bahari Harus Tetap Dilanjutkan

by

PAREPOS.CO.ID, MAJENE– Pegelaran festival bahari dan festival kuliner yang berlangsung di anjungan Pantai Labuang, Kecamatan Banggae Timur berlangsung meriah. Pasalnya, ada beberapa acara lomba yang digelar cukup menarik perhatian warga. Diantaranya lomba perahu mesin tempel atau yang lebih dikenal lomba katinting. Ada juga lomba kuliner antara instansi terkait. Sehingga masyarakat sekitar dapat secara langsung menyaksikan kegiatan itu dengan penuh antusias.

Dari lomba perahu katinting yang berhasil keluar sebagai juara adalah perahu bertuliskan sampoerna, telah berhasil mengungguli sejumlah rivalnya yang turut pula berlomba pada kegiatan festival bahari di anjungan Pantai Labuang, Rabu 7 Agustus 2019.

“Setelah perahu Samporna, disusul perahu Tanda Allo sebagai juara dua dan untuk juara tiga diraih perahu cahaya Perkasa. Adapun juara harapan, yakni harapan satu perahu Nur Alam, harapan dua perahu Sejati dan harapan tiga perahu Sinar,”ujar Ketua Dewan Juri, Ilham Rahman yang juga pegawai dari Kantor UPP Majene itu.

Sementara itu, Bupati Majene, H Fahmi Massiara yang melepas ajang adu ketangkasan di laut itu berharap kepada pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Majene, untuk tetap meningkatkan sejumlah kegiatan dalam memperingati Hari Jadi Majene (HJM) pada setiap tahunnya. Termasuk pada HJM ke-474, peringtan kelima tahun ini serta Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia.

Bupati Fahmi melanjutkan, kegiatan festival bahari ini merupakan even tahunan sebagai atraksi wisata yang juga dirangkaikan dengan festival kuliner dengan menyajikan berbagai ragam makanan tradisional khas Mandar.

Plt Kepala Disbudpar Kabupaten Majene, Arismunandar menjelaskan, para peserta festival bahari pada lomba perahu mesin tempel dan festival kuliner kali ini akan mendapatkan hadiah tropi, sertifikat dan uang pembinaan sesuai dengan ketentuan yang ada.

Mantan Ketua KNPI Majene itu menjelaskan, festival bahari dan festval kuliner adalah rangkaian kegiatan even teluk Mandar dalam rangka mendukung dan memeriahkan hari jadi Majene yang menjadi kalender wisata tahunan di daerah ini.

Maka lanjut dia mengatakan, melalui kegiatan festival tentunya diharapkan mampu menarik minat kunjungan wisatawan di Majene. Sehingga bisa berdampak positif kepada peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat sekitar. Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Ketua DPRD Majene Hj Hasbina Arief Saleh, para pimpinan OPD, para camat, jajaran Disbudpar Majene serta ribuan masyarakat dalam menyaksikan pelombaan perahu tempel jenis katinting itu. (edy/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *