SLB Galakkan Gerakan Literasi di Polman

by

PAREPOS.CO.ID,POLMAN– Sekolah Luar Biasa (SLB) yang ada di Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat diminta untuk menggalakkan program literasi melalui gerakan literasi sekolah (GLS).

Kepala Seksi Peserta Didik Dan Pembangunan Karakter Dinas Pendidikan Sulbar, Hamsaruddin mengatakan, gerakan literasi sudah dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) sejak tahun 2016 dengan melihat minat baca siswa mulai dari tingkat SD,SMP, dan SMA maupun di SLB minat bacanya sangat rendah sehinggah dicanangkanlah gerakan literasi ini.

“Khusus di SLB yang berkebutuhan khusus ditingkat Kabupaten hingga tingkat Nasional nantinya ada lomba literasi, Lomba ini bertujuan agar para siswa gemar membaca, menyimak, sinopsis, dan membuat puisi itulah salah satunya gerakan literasi” terang Kepala Seksi Peserta Didik Dan Pembangunan Karakter Hamsaruddin usai sosialisasi GLS Digedung Aula SLB Pekkabata.

Sosialisasi gerakan literasi sekolah (GLS) tersebut diikuti 50 orang peserta yang terdiri dari SLB Polewali, Wonomulyo, Mapilli, dan Campalagian. Hamsaruddin berharap SLB yang ada di Sulbar dapat membentuk satuan tugas literasi di Sekolah yang bertugas meningkatkan minat baca siswa baik disekolah maupun dilingkungan masayarakat.

Ia juga meminta orang tua siswa juga berperan aktif dalam menanamkan budaya literasi dilingkungan keluarganya, misalnya dengan membacakan buku ketika anak mereka akan tidur bukan dengan memberikan HP ini juga agar anak-anak tidak tergantung pada HP.

Sementara itu Kepala sekolah SLB Polewali Sohani mengatakan Pihaknya sudah menjalankan GLS di SLB Polewali dan akan mengadakan lomba antar kelas, tujuannya agar siswa rajin untuk membaca dan terlibat dalam kegiatan literasi tersebut.

Ia juga mengatakan, semua SLB sudah selayaknya menyusun program ini untuk dijalankan di sekolah masing-masing sama dengan yang kita jalankan disini. “Upayakan pojok literasi yang dibuat semenarik mungkin dengan memanfaatkan barang daur ulang tujuannya agar siswa membiasakan diri membaca,” ujar Sohani.(win/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *