Tahun 2021 Pemkot Parepare Hadirkan Pusat Pelatihan ASN

by
ASN Pemkot Parepare

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE — Pemerintah Kota Parepare berencana membangun lokasi  training centre atau pusat pelatihan pendidikan bagi aparatur sipil negara (ASN) di tahun 2021. Saat ini, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menjadikan Kota Parepare, sebagai salah satu daerah menjadi tempat digelarnya pelatihan dasar (Latsar) dan latihan kepemipinan.
Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulsel H Imran Yosi, mengatakan, pihaknya menantang Pemerintah Kota Parepare, bangun kompleks Training Centre.  “Saat ini, pelatihan dan pendidikan skala regional atau tingkat provinsi bisa digelar di Kota Parepare. Parepare masuk zona penyelenggara diklat di Ajappareng. Perlu dibangun gedung training centre,” kata Imran, saat Pelatihan Dasar (Latsar) BKPSDM Kota Parepare kerjasama BPSDM Sulsel di Hotel Bukit Kenari Kota Parepare.

“Sedapat mungkin, Pemkot Parepare bisa bangun training centre sebagai tempat pelaksanaan kegiatan se-Ajatappareng,” katanya. Rencana menghadirkan Training Centre di Kota Parepare, Imran Yosi mengaku akan mengkomunikasikan dengan Gubernur Sulsel. “Kita akan mengkomunikasikan dengan bapak gubernur. Saya percaya kedekatan bapak gubernur dengan walikota Parepare, apalagi sama-sama lahir di Parepare,” ujarnya.  Imran Yosi memilih Parepare untuk hadirnya Training Centre, karena letak geografisnya yang strategis mendukung. “Selain itu, terpenting adalah strong leadership, komitmen bapak walikota pengembangan SDM yang mendorong kami pendekatan zonasi pengembangan SDM di Sulsel dan titik sentralnya kita mulai di Parepare,” tegas Imran Yosi.

Menurutnya, Traning Centre ini, tidak hanya ASN, tapi juga untuk masyarakat melakukan pelatihan-pelatihan sebagai sumber pendapatan daerah. Menyikapi usulan Kepala BPSDM Sulsel, Walikota Parepare HM Taufan Pawe, menyambut baik usulan itu. Saat itu, Taufan, meminta Sekretaris Daerah (Sekda) dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) agar menjawab tantangan Kepala BPSDM Sulsel. “Pembangunan gedung training centre Kota Parepare, saya diminta kepada Sekda dan Kepala Bappeda menjadi perhatian khusus. Pembangunan gedung trainig centre bisa dianggarkan tahun 2021,” katanya.

Kebutuhan Pemerintah

Saat ini, pusat pelatihan tingkat dasar dan kepemimpinan, sudah menjadi kebutuhan dalam pengembangan sumber daya manusia. Pemerintah dan perusahaan harus mampu berdayakan kompetensi dan keterampilan.  Pelatihan kepemimpinan tidak hanya melahirkan sosok pemimpin yang baik, tapi menemukan potensi staf atau karyawan yang terkungkung di balik meja kerja mereka.  Pembentukan karakter pemimpin terbaik, setiap pemimpin wajib memiliki bekal karakter pemimpin yang hebat dan mampu membawa perusahaan ke arah yang lebih baik.

Pemimpin ini wajib memiliki karakter tegas, wibawa, disegani, mampu memotivasi, mengayomi anak buahnya, cepat dan tepat dalam mengambil keputusan serta bisa memberikan arahan yang jelas kepada bawahannya.
Materi pembentukan dan pengembangan karakter untuk mencetak seorang pemimpin yang berwibawa, tegas, disegani, namun tetap bisa memotivasi dan mengayomi semua anak buahnya. (anj/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *