Terbaik di Sulsel, Kelurahan Galung Maloang Terima Dana Pembinaan Rp 1 Miliar

by

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE– Kelurahan Galung Maloang berhasil menjadi yang terbaik di tingkat Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), di ajang lomba Desa dan Kelurahan tahun 2019. Kelurahan yang terletak di Kecamatan Bacukiki itu, berhasil menyisihkan kelurahaan di Sulsel. Sebelumnya, Kelurahan Galung Maloang mengungguli kelurahan di Kota Parepare.  Berkat prestasi itu, Kelurahan Galung Maloang mendapatkan dana pembinaan sebesar Rp1 miliar dan Lurah Galung Maloang Musdaliah, mendapat kehormatan mengikuti serangkaian acara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74, dari tanggal 14 Agustus hingga 19 Agustus mendatang di Istana Negara.

Kepala Bagian Pemerintahan Pemkot Parepare, Ramli mengatakan, penetapan Galung Maloang sebagai juara pertama tingkat Provinsi Sulsel, berdasarkan keputusan Gubernur Sulsel Nurdin Abdulah. “Galung Maloang berhasil meraih prestasi tertinggi pada ajang bergengsi itu. Tentunya prestasi tersebut sangat luar biasa di tengah persaingan yang sangat ketat dari daerah lain, dan ini salah satu prestasi yang membanggakan buat Kota Parepare,” katanya.

Sementara itu, Lurah Galung Maloang Musdaliah, mengaku bersyukur atas torehan prestasi yang telah dicapai, bersama tim solid yang handal Galung Maloang. Penilaian lomba itu, dilakukan dengan verifikasi lapangan dan pemaparan di hadapan tim panelis.  Selama perjalanan lomba kelurahan dari tingkat kota hingga provinsi, tim tetap kompak menghadirkan ide-ide yang kemudian diusung pada ajang bergengsi tersebut. “Dukungan Pemerintah Kota Parepare dan Kecamatan Bacukiki, menjadi salah satu motivasi buat kami untuk meraih yang terbaik di lomba kelurahan. Kami tidak akan mungkin sampai pada titik ini tanpa adanya kerja bersama tim,” ujarnya.

Mantan Camat Bacukiki selaku Tim Pembina Kecamatan Iskandar Nusu yang belum lama ini dilantik sebagai Kepala Dinas Kominfo Kota Parepare, mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh pihak dan stakeholder yang telah berpartisipasi dan memberikan bimbingannya selama persiapan dan tahap penilaian berlangsung. “Terima kasih yang tak terhingga kami ucapkan kepada Pemerintah Kelurahan Galung Maloang, yang telah memberikan kinerja terbaiknya. Kepada para tim pembina baik tingkat kota dan tingkat Kecamatan, terima kasih atas kerja-kerja ikhlas dan kebersamaannya selama ini,” katanya.

Sejumlah inovasi yang diusung Galung Maloang pada ajang lomba tersebut diantaranya Sapa Lorong jemput sampah warga di area yang tak terjangkau armada kebersihan, pemanfaatan pekarangan rumah oleh eks perempuan pemecah batu, posyandu remaja, kelurahan layak anak, serta pelayanan prosedur 3 langkah tuntas, yang disebut dengan Layanan Trisakti.(*/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *