Terungkap Penyebab Elpiji 3 Kg Langka di Parepare, KMPKG: Agen Bermain

by

PAREPOS.CO.ID,PAREPARE– Kelangkaan tabung Elpiji 3 Kg terus menjadi keluhan ditengah masyarakat, terlebih menjelang Lebaran Idul Adha. Menyikapi hal itu, Komunitas Masyarakat Pengguna Kompor Gas (KMPKG) Kota Parepare telah melakukan sebuah upaya untuk mengungkap dan mencari kejelasan akan keluhan masyarakat tersebut.

Selain itu, terjadinya kelangkaan hingga penjualan tabung bersubsidi diatas harga eceran tertinggi (HET) merupakan bukti ketidakseriusan pemerintah dalam hal pengawasan pendistribusian. “Dinas Perdagangan tak serius melakukan pengawasan, sehingga KMPKG merasa terpanggil untuk turun menyelesaikan keluhan masyarakat akan persoalan tabung elpiji 3 Kg,”kata perwakilan KMPKG Parepare, HA Rahman Saleh, Senin 5 Agustus 2019.

HA Rahman Saleh mengakui, ada yang salah dan parah dalam tata cara pendistribusian tabung bersubsidi di Kota Parepare. Sesuai temuan dari tim KMPKG dilapangan dengan mengambil sejumlah sampel di sejumlah pangkalan. Terungkap, lanjut Rahman, agen tabung bersubsidi yang ada di Kota Parepare merupakan pokok dari persoalan kelangkaan terjadi. Mengapa demikian ?

Rahman menjelaskan, sesuai sampel pangkalan sudah tidak mendapatkan jatah normal atau seperti biasanya dari agen. ” Mereka tidak mendapat jatah seperti biasanya, dari rata-rata 100 tabung sekarang sisa 50 tabung,”ungkapnya.

Bukan hanya itu, jadwal penyaluran dari agen dilakukan tiap tiga hari ke pangkalan. Jadi kelihatannya, agen yang bermain dan inti dari persoalan di Kota Parepare. Dua agen tersebut yakni, PT Hj Salmah dan PT Awal Sejahtera Mandiri diduga kuat sengaja melakukan itu sebagai akal-akalan agen agar mendapat tambahan kuota. Terpisah, salah seorang warga Kecamatan Soreang, Asfar BM mengakui, harga gas elpiji 3 kilogram di Parepare yang sampai ditangan konsumen berkisar pada harga Rp 20-30 ribu, itu pun barangnya sulit ditemukan.

Persoalan krisis gas elpiji tidak dapat disampingkan, karena sudah merupakan kebutuhan esensial yang tidak dapat dinomorduakan dan juga merupakan kebutuhan pokok. Sebelumnya, Communication and Relations PT Pertamina MOR VII, Haris Yanuanza menegaskan, ada pasokan tabung gas elpiji 3 kg di Kota Parepare sebanyak 4.480 tabung. Hal itu sebagai upaya Pertamina dalam menjaga adanya peningkatan konsumsi jelang lebaran Idul Adha. (ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *