Dimakamkan di TMP Kalibata, Presiden dan Wali Kota Parepare Salati Jenazah Eyang Habibie

by
Presiden RI, Joko Widodo bersama tokoh nasional serta Gubernur Sulsel dan Wali Kota Parepare salati jenazah BJ Habibie

PAREPOS.CO.ID,JAKARTA– Presiden RI, Joko Widodo melayat ke rumah duka Presiden ke-3 Republik Indonesia, Baharuddin Jusuf (BJ) Habibie di Jalan Patra Kuningan XIII, Blok L XV Kav 5, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis 12 September 2019. Ditemani sang istri, Iriana dan Mensesneg Pratikno, Jokowi tiba di lokasi sekitar pukul 09.05 WIB. Mengenakan setelah jas hitam berdasi biru. Tanpa berkomentar Jokowi langsung masuk ke rumah duka dengan penjagaan ketat. Setelah masuk ke rumah duka, Jokowi bersama rombongan langsung melakukan salat jenazah. Nampak pula Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah dan Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno pemerintah menetapkan hari berkabung nasional selama tiga hari. “Imbauan ini juga diberikan seluruh kantor kementerian atau pun lembaga negara baik di dalam negeri maupun di luar negeri,”ujarnya. Pratikno juga mengajak masyarakat untuk mendoakan mendiang BJ Habibie yang wafat di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta pada pukul 18.05 WIB. Jenazah BJ Habibie akan dimakamkan di sebelah pusara istri tercinta, almarhumah Ainun Habibie di slot 120-121 di TMPN Kalibata, Jakarta, Kamis 12 September, siang ini. “Sekali lagi mohon doa untuk almarhum dan semoga prosesi semuanya berjalan dengan lancar,” imbuhnya.

B.J. Habibie meninggal dunia dalam usia 83 tahun. Menurut putranya, Thareq Kemal Habibie, dia berpulang karena faktor usia. Habibie meninggal dunia dikelilingi oleh keluarga terdekat termasuk kedua putranya dan cucu-cucunya. “Sampai titik terakhir saya masih ada di situ tapi hari ini pada tanggal 11 September 2019 pukul 18.05, Presiden RI Ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie, sudah meninggal,” ujar Thareq.

Habibie yang lahir di Parepare, Sulawesi Selatan pada 25 Juni 1936. Sebanyak 44 tim dokter dipimpin oleh tim dokter kepresidenan sudah bekerja merawat Habibie sejak presiden ketiga RI tersebut dirawat di RSPAD Gatot Soebroto pada 1 September 2019. Pihak keluarga Habibie mengapresiasi kinerja tim dokter yang telah menangani kondisi kesehatan Habibie selama menjalani perawatan.Rencananya Habibie akan dimakamkan di sebelah makam istrinya Ainun Habibie di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta. Presiden Jokowi dijadwalkan memimpin upacara pemakaman Habibie.(ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *