Empat Fraksi DPRD Parepare Disahkan, Golkar dan Amanat Kerakyatan Menanti

by

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE– Empat dari  enam fraksi di DPRD Kota Parepare telah disahkan, setelah sebelumnya pada agenda rapat paripurna pertama tertunda. Dalam rapat paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD sementara, Ir H Kaharuddin Kadir MSi didampingi Wakil Ketua, H Tasming Hamid SE MH dan dihadiri semua anggota DPRD Kota Parepare di Gedung DPRD Kota Parepare, kemarin. “Agenda paripurna kali ini adalah mengesahkan pembentukan fraksi DPRD Kota Parepare, baik fraksi gabungan maupun fraksi utuh,”ujar Kaharuddin.

Adapun fraksi-fraksi DPRD Kota Parepare 2019-2024 terdiri dari 6 fraksi, meliputi Fraksi Nasional Demokrat yang di Ketuai, Ir H Yasser Latief CPA MM, Wakil Ketua H Suyuti SE, Sekretaris Drs Hj Asmawati Zainuddin, anggota H Tasming Hamid SE MH.  Fraksi Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) yang diketuai  Ketua Ir H Amir Mahmud, Sekretaris Kamaluddin SSos MM, Anggota Muhammad Yusuf Lapanna.

Selanjutnya, Fraksi Demokrat, Ketua H Bambang Nasir SH, Sekretaris H Yangsmid Rahman SE, dan anggota M Rahmat Sjamsu Alam SH.  Fraksi Persatuan Bintang Demokrasi (FPBD), Ketua H Sudirman Tansi SE (PBB), Wakil Ketua Hj Apriani (PDI Perjuangan), Sekretaris Namri Nasir (PPP) dan anggota terdiri atas Rudy Najamuddin (PPP), Satriya SH (PDI Perjuangan). “Untuk fraksi FPBD, sesuai kesepakatan pimpinan dan anggotanya bergilir setiap tahunnya sesuai hasil rembuk ketua Partai,”ungkapnya.

Sedangkan untuk dua Fraksi yakni Golkar dan Fraksi Amanat Kerakyatan belum disahkan dengan alasan. Pada Fraksi Golongan Karya (Golkar) yang diketuai H Muliadi S.Sos, anggota Ir H Kaharuddin Kadir MSi, H Suleman SE, Hj Indriasari Husni SKom, Hj Andi Nurhatina Tipu S.Sos, dinyatakan belum disahkan karena struktururnya tidak sesuai dengan aturan, karena itu akan disahkan setelah dirubah nantinya. Dan Fraksi Amanat Kerakyatan (Fakar Indonesia), Ketua Ir Ibrahim Suanda (PAN), Wakil Ketua Hermanto (Hanura), Sekretaris Andi Muh Fudail (PKB), Anggota Hj Musdalifa Pawe SH (PAN), Hj Haryani (Parindo), belum disahkan karena mesih menunggu surat dari Pimpinan Partai Perindo.

Posisi Ketua DPRD Sementara

Mencermati susunan fraksi tersebut, Fraksi Golkar menjadi perbincangan publik selain belum disahkan, kader tulen yang saat ini menjabat Ketua DPRD sementara, Kaharuddin Kadir, hanya diplot sebagai anggota. Bahkan, dilengserkan dari jabatan Ketua DPRD maupun jabatan di fraksi. Diketahui Kaharuddin selama ini menjabat sebagai Ketua DPRD Parepare dan telah menjadi anggota DPRD selama lima periode, tentu pengalaman beliau tidak diragukan lagi.

Sementara fraksi baru dari partai Nasdem mengutus kader suara terbanyak menduduki kursi Wakil Ketua DPRD H Tasming Hamid dari Dapil Soreang, dan H Yasser Latief diberi amanah nahkodai ketua fraksi Nasdem. “Pembentukan fraksi Nasdem sesuai dengan surat dari Pimpinan partai dan tidak ada istilah bergilir, tidak seperti dua fraksi gabungan lainnya,” ujar Ketua Pengembang Indonesia (PI) Sulsel ini. (anj/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *