Enam Fraksi di DPRD Kota Parepare, Ini Rancangannya

by
Pelantikan Anggota DPRD Kota Parepare periode 2019-2024 beberapa waktu lalu

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE– Dari 25 Anggota DPRD Kota Parepare, diprediksi kuat akan terbentuk 6 fraksi. Empat partai politik dipastikan akan membentuk fraksi sendiri, dan tujuh partai akan berkoalisi dalam dua fraksi. Saat ini beredar rancangan pembagian fraksi tersebut dengan syarat minimal tiga kursi untuk membentuk fraksi, sesuai dengan jumlah komisi.

Untuk fraksi utuh diantaranya, Fraksi Golongan Karya (Golkar) dengan lima kursi, Fraksi Nasional Demokrat (Nasdem) empat kursi, Fraksi Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Fraksi Demokrat yang masing-masing tiga kursi. Sementara fraksi koalisi, Fraksi Fakar Indonesia terdiri dari Partai Amanat Nasional (PAN) dua kursi, Hanura satu kursi, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) satu kursi dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) satu kursi dengan total lima kursi.

Selanjutnya, Fraksi Nasional Religius (Nasril) gabungan dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sebanyak dua kursi, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI) Perjuangan dua kursi dan Partai Bulan Bintang (PBB) satu kursi dengan total 5 kursi. Hal itu dibenarkan, Anggota DPRD Parepare dari PAN Ibrahim Suada Fraksi Fakar Indonesia (Fraksi Amanat Kerakyatan) terdiri dari empat partai yang bergabung semunya ada lima kursi, koordinasi ini terus dimatangkan hingga penetapan nantinya. “Fraksi Fakar Indonesia anggotanya lima orang terdiri dari dua dari PAN, satu dari Hanura, satu dari PKB dan satu dari Perindo”, katanya.

Senada disampaikan legislator dari PBB, H Sudirman Tansi SE yang mengklaim telah melakukan finalisasi terkait pembentukan fraksi gabungan yang juga terdiri dari tiga partai. “Kami bikin fraksi gabungan dari Partai PPP, PDI Perjuangan dan PBB, semuanya berjumlah 5 kursi. Fraksi kami namanya Nasril (Nasional religius), karena ada yang Nasionalis dan ada yang religius”, ujarnya.

Sementara itu, Pimpinan sementara DPRD Kota Parepare Ir H Kaharuddin Kadir MSi yang juga dari Partai Golkar mengatakan hampir dipastikan di DPRD Kota Parepare hanya enam fraksi, karena dalam aturan bahwa hanya dua fraksi yang bisa gabungan. Partai lainnya itu adalah fraksi utuh.
Fraksi utuh yaitu Golkar, Nasdem, Gerindra dan Demokrat.

“Karena sementara dilakukan persuratan ke masing-masing ketua Partai, dan diharapkan sudah ada jawaban hingga 16 September 2019 mendatang, karena itu fraksi ini hanya rancangan berkembang, belum final, tapi hampir dipastikan hanya enam fraksi,” jelasnya. (anj/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *