Hebat, 12 Ton Sampah Berhasil Dibersihkan dalam Aksi WCD di Sidrap

by

PAREPOS.CO.ID, SIDRAP — Sebanyak 1.400 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari Program Keluarga Harapan (PKH) di Sidrap terlibat dalam kegiatan World Cleanup Day (WCD) 2019.

Ribuan KPM PKH dari kaum perempuan gabungan Kecamatan Tellu Limpoe dan Panca Lautang itu terlihat kompak dalam sebuah gerakan bersih-bersih terbesar didunia itu.

Kegiatan yang dilaksanakan serentak di 157 negara, pada Sabtu 21 September termasuk Indonesia, tak terkecuali di Kabupaten Sidrap melibatkan 68 kelompok lembaga organisasi maupun komunitas.

Pekerja Sosial Supervisor PKH Sidrap, Muhammad Ikhlas Samad mengatakan kegiatan ini berlangsung dengan sangat meriah dan penuh semangat oleh ibu-ibu KPM.

Hal itu dikarenakan kegiatan ini merupakan kegiatan pertama yang melibatkan mereka berbaur dan berkumpul sejak menjadi peserta PKH.

“Tentunya kegiatan ini untuk mengajak semua masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan sekitar,” ucapnya, Minggu, 22 September.

Sementara Tim Core WCD Sidrap, Ethar mengatakan, bahwa kegiatan ini melibatkan 6 ribu relawan dari 68 kelompok organisasi dan komunitas.

Ada 5 lokasi yang menjadi titik pembersihan dalam aksi bersih-bersih sedunia itu seperti jembatan bila-bilae Kecamatan Maritenggae.

Kemudian taman makan pahlawan Kecamatan Dua Pitue, Bambu Runcing Panca Rijang, Perbarasan Massepe-Amparita Tellu Limpoe, dan Lapangan Sepak Bola Panca Lautang.

Dalam kegiatan itu, kata Ethar, sampah yang berhasil terkumpul dan dibersihkan sebanyak 12 ton yang diangkut menggunakan truk 10 kali angkut dan kendaraan tiga roda 8 kali angkut.

Dia berharap dengan kegiatan ini diharapkan adanya kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah agar semakin hari daerah ini jauh lebih baik lagi.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua elemen masyarakat, instansi lembaga OKP, komunitas serta partisipatisan yang telah ikut dalam kegiatan sosial aksi gotong royong terbesar sepanjang sejarah yang dilaksanakan setiap setahun sekali,” tandasnya. (ira/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *