Kahurtala di Majene, H Lukman Imbau Masyarakat Lakukan Ini

by
Wakil Bupati Majene saat menyampaikan arahan dalam pertemuan dilingkup Pemkab Majene

PAREPOS.CO.ID, MAJENEРWakil Bupati Majene, H Lukman menegaskan akhir-akhir ini terjadi banyak peristiwa  kebakaran hutan dan lahan (Kahurtala) di Kabupaten Majene. Pemerintah pun mengajak warga untuk tetap waspada, terlebih di musim kemarau panjang saat ini. Bukan hanya itu, Lukman sekaligus mengajak warga untuk menggelar Salat Istisqa atau doa bersama untuk meminta hujan kepada Allah SWT, baik warga di perkotaan maupun di kecamatan hingga ke pelosok desa.

“Jadi saya sampaikan dan mengimbau masyarakat agar salat minta hujan itu dapat segera dilaksanakan, terkhusus di lingkup Pemerintah Kabupaten Majene,”kata Lukman Rabu, 18 September saat memimpin rapat koordinasi strategi penanganan kebakaran bersama sejumlah pimpinana OPD dilingkup Pemkab Majene.

Melihat persoalan ini cukup serius, maka untuk mengkoordinir lebih lanjut dipercayakan kepada ibu Asisten 1 Pemkab Majene, Hj Nadhlah B Fattah untuk membuat perencanaannya matang. Termasuk, dimana dilaksanakan dan selanjutnya melakukan persuratan ke seluruh jajaran pemerintahan ditingkat bawah.

Diakuinya, akhir-akhir ini dirinya banyak menerima keluhan warga akan maraknya kebakaran lahan. Karena itu, Pemkab Majene akan segera membangun posko kebakaran di setiap kecamatan dengan melibatkan aparat kepolisian, TNI dan pemerintah tingkat kecamatan di masing-masing wilayah.

Namun, jika ada warga atau pihak lain dengan sengaja melakukan pembakaran hutan dan lahan tentunya tidak bisa ditolerir dan akan tetap ditindak tegas sesuai prosedur hukum yang ada. “Untuk itu masyarakat jangan main -main terhadap masalah kebakaran, karena bisa berurusan dengan aparat penegak hukum,”tegasnya.

Olehnya itu, masyarakat diharapkan dapat berpartisipasi aktif untuk menjaga lingkungan serta mencegah kerusakan alam akibat musibah kebakaran. “Kalau perlu jika melihat titik-titik api yang dianggap membahayakan kiranya masyarakat langsung menyampaikan ke posko kebakaran terdekat yang akan disiapkan pihak pemerintah,”ungkapnya. (edy/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *