Kemarau Panjang, Kapolda Gelar Salat Istisqa di Mapolda Sulbar

by

PAREPOS.CO.ID,MAMUJU– Berdasarkan prediksi dari BMKG terkait cuaca yang semakin panas di tahun 2019 karena kemarau yang panjang ditambah lagi dengan fenomena kebakaran hutan dan lahan yang telah terjadi dimana-mana. Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Barat menyikapi kondisi tersebut menggelar salat Istisqa untuk meminta hujan.

Usai pelaksanaan apel pagi, seluruh personil yang beragam muslim yang dipimpin langsung oleh Kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs. Baharudin Djafar, M.Si langsung melaksanakan salat Istisqa lapangan Markas Polda (Mapolda), Kamis 19 September, pagi tadi. Kapolda Sulbar melalui Kabid Humas Polda Sulbar, AKBP Hj Mashura mengatakan, pelaksanaan salat Istisqa atau salat sunah yang dilakukan untuk meminta diturunkannya hujan. Salat ini dilakukan bila terjadi kemarau yang panjang atau karena dibutuhkannya hujan untuk keperluan/hajat tertentu.

“Hujan adalah karunia Allah Jallah Waalah yang sangat besar, segala kehidupan berasal dari air bahkan termasuk tubuh yang sehat dan kuat. Hukum Salat Istisqo adalah Sunnah Muakkadah bagi yang terkena musibah kelangkaan air untuk minum dan kebutuhan lainnya dan dianjurkan bagi kaum muslimin lainnya yang masih mendapatkan air, sebagai bentuk ukhuwah dan tolong menolong dalam kebaikan dan ketakwaan,”ujarnya.

Tak hanya itu, doa meminta hujan juga dilakukan oleh personil yang beragama Nasrani meskipun ritualnya berbeda tapi tujuannya sama. “Baru saja salat Istisqo ini akan dilakukan hari ini, Allah Subuhanahu Wataalah sudah menurunkan hujannya malam tadi. Hal ini tentu tidak terlepas dari doa yang tulus seluruh masyarakat di Kabupaten Mamuju pada khususnya, sehingga hujan diturunkan sebagai berkah,”kata Kapolda dikutip Kabid Humas.

Meski hujan sudah mulai mengguyur di Mamuju dan sekitarnya, Salat Istisqa ini tetap dilakukan agar hujan juga tetap dirasakan oleh daerah lainnya yang mengalami kemarau panjang.(*/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *