Keren, SMAN 2 Parepare Gelar Pilketos Berbasis Teknologi

by
Para guru dan panitia pemilihan ketua Osis di SMAN 2 Parepare

PAREPOS.CO,ID, PAREPARE– Pemilihan Ketua OSIS (Pilketos) menggunakan aplikasi E-Voting berbasis Komputer dilaksanakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Kota Parepare. Bahkan guna mendukung kreatifitas para pelajar, pihak sekolah menyiapkan sedikitnya 15 unit komputer untuk digunakan pada Pilketos Periode 2019-2020.

Wakasek Kesiswaan UPT SMAN 2 Parepare, Tariana SPd mengungkapkan, Pilketos digelar secara serentak di Sulawesi Selatan (Sulsel) sesuai arahan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi. “Hal ini kita lakukan sesuai arahan dari Provinsi, dimana setiap sekolah melakukan Pilketos secara serentak,” katanya diruangan program studi Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), kemarin.

Sementara itu, Ketua OSIS UPT SMAN 2 Parepare, periode 2018-2019, Andi Wahyu Dwi Putra mengatakan, hasil pada Pilketos ini, akan diumumkan pada hari Sabtu 21 September, sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Wahyu juga mengharapkan Ketua OSIS yang terpilih nantinya, bisa menjaga loyalitas dan totalitas sekolah kedepanya, demi kemajuan sekolah bersama peserta didik lainnya.”Siapapun yang terpilih nantinya, diharapkan mereka dapat menjaga nama baik sekolah dan membuat sebuah program-program baru untuk kemajuan sekolah,” jelasnya.

Serentak di Sulsel

Kegiatan yang dilaksanakan serentak di wilayah Sulawesi Selatan, juga dilaksanakan di SMAN 3 Parepare dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah Parepare. Di SMAN 3 Parepare Pilketos secara demokrasi dengan memanfaatkan teknologi berbasis elektronik juga dilaksanakan. Kepala UPT SMAN 3 Parepare, Muhammad Anshar Rahim mengatakan, pelaksanaan Pilketos dengan memanfaatkan teknologi perlu diapresiasi dalam rangka menanamkan perinsip-perinsip demokrasi, secara umum, bebas, rahasia serta jujur dan adil.

Ini hampir sama dengan pemilihan kepala daerah pada umunya, yang dimana bertujuan, peserta didiknya, bisa memahami pentingnya memilih pemimpin mulai dari sekolah, mereka juga dapat menggunakan hak suaranya dalam menentukan pemimpin. “Caranya pun sangat mudah, para siswa hanya mengklik gambar calon ketua OSIS. Hasilnya pun lebih akurat, karena pada saat pemungutan suara selesai maka dilakukan proses penutupan dan sudah terhitung angka pemenang ketua OSIS,” jelasnya.

Terpisah, Kepala SMK Muhammadiyah Parepare, Muh Rusdi memberi aspirasi kepada siswa yang memiliki kreatifitas dalam pemilihan. Hal ini akan menjadi cikal bakal mereka dalam menyongsong pemilihan ke depan, mulai dari Pilkada hingga Pilpres yang tentunya juga akan semakin berkembang dari sistem manual ke sistem digital. “Untuk android sendiri lebih simpel, karena panitia hanya menyiapkan handpone. Lalu peserta tinggal memilih calon yang sudah disiapkan dalam aplikasi tersebut. Kemudian hasil dari pemilihan tersebut dengan cepat juga kita peroleh jumlah suara terbanyak yang dipilih. Jadi tanpa dihitung manual lagi,” jelasnya.(has/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *