Pelantikan Anggota DPRD Barru, Satu Dewan Terpilih tak Dilantik

by
Pelantikan 24 anggota DPRD Kabupaten Barru yang dipimpin Ketua Pengadilan Barru, Cahyono Riza Adrianto

PAREPOS.CO.ID, BARRU — Wakil rakyat Kabupaten Barru periode 2019-2024 telah mengucapkan janji dan sumpah jabatan, Selasa, 10 September di gedung DPRD Barru. Kini, rakyat Barru, menunggu realisasi janji yang diucapkan saat kampanye.  Prosesi pelantikan 24 DARI 25 wakil rakyat oleh Ketua Pengadilan Negeri Barru, Cahyono Riza Adrianto, berlangsung sakral, dihadiri pejabat penting seperti Bupati Barru Suardi Saleh, Forkopinda, mantan Ketua DPRD dan Mantan Bupati Andi Muhammad Rum, dan keluarga para wakil rakyat.

Pengucapan sumpah dan janji sebagai wakil rakyat hanya diikuti 24 orang. Satu orang wakil rakyat yaitu H Arifai Muin, tidak dilantik. Saat ini, sedang menjalankan ibadah haji. Bupati Barru Ir Suardi Saleh, mengatakan DPRD sebagai lembaga perwakilan rakyat daerah mengembang fungsi-fungsi dan penetapan kebijakan publik bersama pemerintah daerah.

Ia mengajak, anggota DPRD yang mewakili rakyat, diharapkan menyuarakan aspirasi rakyat, diartikulasikan dan diakomodasi dalam kebijakan publik.  Hak-hak rakyat, kata dia, harus diperjuangkan serta dibela kepentingannya dari kemungkinan yang merugikan. Pelaksana fungsi-fungsi DPRD secara efektif hanya mungkin dilakukan dengan dukungan para anggotanya yang mempunyai tingkat kualitas tinggi. “Tidak cukup hanya berbekal dukungan dan kerjasama selama lima tahun bermitra dengan pemerintah daerah,” katanya.

Menurutnya, tugas dan fungsinya, baik dalam hal pengawasan terhadap kebijakan pemerintah daerah, penyusunan dan pembahasan bersama produk hukum daerah dalam hal penyusunan anggaran sangat besar dalam mendukung suksesnya pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan di Barru.  Ketua DPRD Sementara Kabupaten Barru, Ir Mursalim Abdullah, mengatakan, para wakil rakyat telah mengucapan sumpah dan janji yang saksikan bersama.

Pengucapan Sumpah dan janji itu, kata dia, telah membuka lembaran baru untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya selaku wakil rakyat di Kabupaten Barru. “Saya sebagai Ketua Sementara DPRD Kabupaten Barru yang menerima estafet kepemimpinan dari Ketua DPRD yang lama, mudah-mudahan apa yang telah dirintis oleh beliau-beliau dapat kami lanjutkan dan kembangkan,” katanya.

Wakil rakyat, kata dia, perlu mengembangkan inovasi-inovasi sesuai dengan perkembangan dan kamajuan zaman.
Mantan Kadis Pertanian itu, berharap, dukungan dari semua pihak agar bisa melaksanakan tugas dengan lancar, aspiratif, inovatif dan profesional.”Kami akan bekerja semaksimal mungkin menjalankan fungsi dan wewenang DPRD sebagai lembaga pembentukan Perda, anggaran dan pengawasan untuk memenuhi harapan rakyat Barru,” katanya.(mad/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *