Pemkab Majene-Takalar Jajaki Kerjasama Sektor Perikanan dan Perkebunan

by

PAREPOS CO ID, MAJENE—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majene Provinsi Sulbar dan Pemkab Takalar Provinsi Sulsel sedang menjajaki kerjasama di berbagai bidang guna mendukung kemajuan kedua daerah tersebut.

Penjajakan kerjasama kedua daerah itu nampak terlihat pada acara ramah tamah antara pemkab Majene dan Takalar yang berlangsung di rumah jabatan Bupati Majene, Minggu 15 September malam.

Menurut Bupati Takalar, H Syamsari Kitta, dalam kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Majene ini guna untuk menjalin kerjasama dalam berbagai sektor. Namun, sebenarnya lanjut Bupati Syamsari mengatakan, antara Majene dan Takalar sudah lama terjalain kerjasama yang baik.

“Salah satu contohnya, bahwa nelayan dari Galesong Takalar atau daerah pesisir lainnya sering kontak dan kerjasama dengan warga Majene, terutama dalam pengembangan sektor perikanan,”sebutnya.

Dia menambahkan seperti jika ada nelayan dari Galesong Takalar berlayar di Majene untuk kebutuhan logistiknya pasti diambil dari Somba Kecamatan Sendana Kabupaten Majene atau di kampung Wakil Bupati Majene, H Lukman. Bahkan terkadang juga sekaligus mengambil pemilik logistiknya atau dengan kata lain nelayan Takalar menikah dengan orang Somba. Demikian juga kalau transportasi kayu dari kalimanan ke Takalar pasti lewat pesisir Majene dan alhamdulillah kerjasama ini sudah berjalan beberapa tahun lalu.

Selanjutynya tujuan dalam kunker ini juga belajar dan melihat banyak hal di Majene karena Majene lebih dulu peradaban dari Takalar jika melihat sejarah yang ada bahwa Hari Jadi Majene (HJM) lebih tua dari Takalar atau lahir sekitar tahun 1.500-an. Sedangkan Takalar baru berusia 56 tahun setelah pisah dari Jeneponto.

“Sehingga semoga kunker kami ini ke Majene banyak hal bisa dipetik dan bisa berkolaborasi antara kedua daerah. Termasuk mengelola sumber daya di bidang perikanan, perkebunan dan pertanian. Karena dengan cara itu kedua daerah tersebut bisa maju dan mengejar ketertinggalan lewat sumber daya yang dimiliki,”sebut Syamsari sambil memperkenalkan sejumlah kepala OPD yang menyertai pada Kuknker itu.

Sementara Bupati Majene, H Fahmi Massiara menyambut baik atas kunker dari Pemkab Takalar yang dipimpin langsung bupati Takalar. Menurutnya saat ini pemkab Majene tengah dalam pengembangan di sektor ekonomi, disamping mengelola pemerintahan yang baik juga harus mampu melakukan bisnis untuk menghasilakn uang. Karena Majene ini dengan luas garis pantai cukup dan bagus dari sektor marithim, kelautan, perkebunan dan pertanian cukup potensial untuk dikembangkan dan menjanjikan.

Sehingga apa yang dilakukan bagi nelayan dan petani bisa meningkatkan pendapatan bagi masyarakat. Termasuk dari perkebunan holtilkultura seperti tanaman jagung, cabe, bawang merah serta bawang putih yang cukup menjanjikan dan bisa menjadi primadona untuk bawang putih jika itu berhasil dikembangkan dan dikelola dengan baik.

“Untuk tanaman keras seperti kemiri, kelapa dan kakao juga cukup signifikan. Seperti selama ini kakao bisa pengelolannya jadi coklat silverquin dan Majene sudah terkenal selama ini khusus produksi kakao,” pungkas Fahmi.

Karena itu melalaui beberapa kepala dinas terkait bisa dilakukan tindaklanjut dari pertemuan ini. Dan semoga pertemuan keakraban ini bisa membawa berkah dan lebih baik diwaktu-waktu yang akan datang kembali bisa bertemu dalam suasana yang sama antara Takalar dan Majene. (edy/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *