Pilkada Majene, KPU Usulkan Anggaran Sebesar Rp25, 9 Miliar

by

PAREPOS.CO.ID, MAJENE—Menghadapi Pemilhan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 mendatang termasuk Kabupaten Majene, maka pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Majene tengah menyusun porsi anggaran sebesar Rp 25,9 miliar untuk kebutuhan pilkada tersebut.

Demikian dikatakan Ketua KPU Majene, Arsalin Aras, SH kemarin. Dia menyebutkan, bahkan sebelumnya pada Jumat lalu, tengah duduk bersama dan melakukan rapat koordinasi dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) yang berlangsung di ruang rapat KPU setempat.

Tujuannya, lanjut dia untuk menyatukan persepsi terkait alakosi anggaran yang diusulkan pihak KPU Majene dalam rangka perhelatan pilkada di Kabupaten Majene tahun depan.

“Adapun etimasi anggaran yang diusulkan KPU Majene, totalnya mencapai Rp25,9 miliar. Dengan rincian untuk melalui APBD Perubahan 2019 senilai Rp1 miliar dan untuk APBD pokok tahun 2020 sebesar Rp24,9 miliar,” ungkapnya.

Arsalin menambahkan, tentunya pihak pemkab Majene melalui tim anggaran dapat mengakomodir usulan tersebut. Sebab, dari pertemuan yang lalu belum membuahkan hasil nyata terhadapan persetujaun atau kesepakatan sesuai porsi anggaran yang diusulkan.

“Kami berharap anggaran yang diusulkan itu dapat disetujui dan tidak menemui kendala,”harapnya lagi.

Sementara pihak tim anggaran pemkab Majene, belum dapat merespon seratus persen untuk total anggaran yang diusulkan tersebut. Alsannya, masih menunggu konsultasi dari pihak Kemendagri pusat terkait pengalokasian anggran pilkada itu. Termasuk dengan mekanisme yang ada seperti harus dicamtumkan di dalam nota kesepakatan melalui Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

Di lain pihak sejumlah Partai Politik (Parpol) di daerah ini sudah membuka pendaftraan untuk menjadi calon bupati-wakil bupati di pilkada Majene 2020 mendatang. Seperti PDIP sudah membuka pendaftaran dan saat ini tengah pengembalian berkasa formulir.

Sedangkan partai lainnya, PPP, PKS, Golkar, PAN dan Partai Demokrat masih menunggu juknis serta rekomendasi dari DPP pusat. Namun, sejumlah nama sudah santer beredar dan disebut-sebut bakal maju menantang bupati petahan saat ini, H Fahmi Massiara.

Salah satunya, adalah Sekda Majene, H Andi Achmad Syukri, Wakil Bupati Majene, H Lukman serta anggota DPRD Sulbar, H Itol Syaiful Tonra yang juga pernah jadi Wabup Majene dan Ketua DPC PPP Majene, H Asnuddin Sokong serta sekretaris partai Golkar, Irfan Syarif, Saggaf Katta serta DR Muliadi Bintaha bakal kembali maju melawan Fahmi Massiara dan masih banyak nama lainnya. (edy/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *