Pisah Sambut Kapolda Sulsel, Gubernur Akui Kehilangan Humor Segar Irjen Pol Hamidin

by

PAREPOS.CO.ID,MAKASSAR– Gubernur Sulawesi Selatan, Prof HM Nurdin Abdullah mengaku sangat berterima kasih atas kemitraan dan kerjasama yang terjalin selama ini dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) termasuk Kapolda dalam menyelesaikan berbagai persoalan. “Jujur saja saya bersyukur mendapatkan mitra, Pak Kapolda, Panglima (Pangdam XIV Hasanuddin) dan Kejati yang tentu kolaborasi yang kita bangun bisa menyelesaikan persoalan dengan baik. Saya berbisik dengan Panglima, kita kehilangan humor segarnya Pak Kapolda. Saat kita lagi serius Pak Kapolda datang langsung ceria semua,”ujar Mantan Bupati Bantaeng dua periode tersebut saat menghadiri acara pisah Sambut Kapolda Sulsel Irjen Pol Hamidin kepada Irjen Pol Mas Guntur Laupe di Hotel Claro, Makassar, Senin 16 September,malam.

Dalam sambutannya, Gubernur percaya bahwa Irjen Pol Hamidin memang diutus ke NTT karena juga perlu penanganan khusus, seperti Kawasan Labuan Bajo yang lagi trend. Karena telah berhasil di Sulsel. “Kalau bapak berhasil, begitu jadinya diberikan tantangan. Kita berterima kasih atas nama masyarakat Sulsel atas pengabdian selama ini,”ungkapnya. Salah satu kontribusi Hamidin, adalah membawa Sulsel melewati dengan tenang masa Pilpres dan Pemilu dari zona merah ke zona hijau.

Sulsel juga mendapat citra positif. Ditandai pertumbuhan ekonomi signifikan. “Ini merupakan indikator daerah stabil berkat peranan kepolisian. Stabilitas juga tercipta, demikian juga kepastian hukum dan investasi. Hal itu yang dirasakan selama delapan bulan atau selama Irjen Pol Hamidin menjabat,”jelasnya. Mantan Kapolda Sulsel, Irjen Pol Hamidin dalam sambutannya menyampaikan, tepat delapan bulan kurang 10 hari berperan selaku Kapolda Sulsel. Walaupun pengabdiannya relatif singkat dan penuh dinamika, namun membahagiakan. “Sebuah perjalan pengabdian yang relatif singkat, namun penuh dinamika dan ini telah menguras tenaga dan pikiran kita semua. Namun juga berakhir pada titik yang membahagiakan dalam rangka kebersamaan kita dengan Bapak Gubernur Sulsel beserta perangkat Forkopimda dan segenap lapisan masyarakat Sulsel yang menyatu dengan harmonis,” kata Hamidin.

Hamidin menyampaikan berbagai hal telah dilakukan secara bersama-sama. Selain menciptakan kantibmas juga mencanangkan berbagai kampanye seperti gerakan mencintai lingkungan dan ini dilakukan secara masif bersama masyarakat. Ia pun mengaku memiliki banyak hal menarik yang didapatkan, terutama komunikasi dengan semua elemen yang terjadi dengan baik. “Saya dibimbing oleh gubernur dan diberikan masukan oleh Forkopimda,” katanya. Diakhir sambutannya, Irjen Pol Hamidin, meminta agar semua pihak terkait untuk membantu Kapolda yang baru menciptakan keamanan kepada masyarakat.

Sementara itu, Kapolda Sulsel Irjen Pol Mas Guntur Laupe menyebutkan, sebagai pejabat baru di Sulsel dirinya butuh bimbingan dan kerjasama dari Gubernur, DPRD dan Forkopimda. “Mohon kami perlu bimbingan dan arahan, sapaan dan teguran juga. Kami siap untuk dikritisi langkah kami,”ujarnya. Bukan hanya itu, seluruh stakeholder bekerja sama demi memajukan Polda Sulsel, karena ini akan membuat pengamanan di Sulsel menjadi lebih tenang. Seperti diketahui, Irjen Pol Guntur Laupe merupakan putra kelahiran Kota parepare dan pernah mengeyam pendidikan di SMPN 3 Parepare dan SMAN 2 Parepare.(*/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *