Rancangan Tatib dan Kode Etik ‘Kuorum’ Berubah di DPRD Parepare

by

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE– Dua tim kerja DPRD Kota Parepare, telah membahas draf dan rancangan tata tertib dan kode etik yang sudah diserahkan ke pimpinan sementara DPRD Kota Parepare. Selanjutnya hasil tersebut akan dibahas setelah ada pimpinan definitif. Hasilnya akan dilaporkan di kantor Gubernur, dan juga akan mengirimkan surat kepada ketua partai yang berpotensi menjadi Pimpinan DPRD untuk permintaan nama yang akan ditunjuk.

Berdasarkan hasil pembahasan dari dua tim kerja, hampir dipastikan rancangan tata tertib dan kode etik tidak terlalu berbeda dengan sebelumnya, hanya ada beberapa yang berubah. Anggota DPRD Parepare dari Fraksi Persatuan Bintang Demokrasi (FPBD), Rudy Najamuddin mengatakan, untuk rancangan tatib tidak banyak yang berubah, hanya yang diusulkan adalah syarat ‘kuorum’ angggota DPRD saat dilaksanakan paripurna.

Dalam tatib tersebut, kata Rudy, setidaknya kuorum dihadir seperdua dari anggota DPRD Parepare. ” Artinya dari 25 orang anggota dewan, dimana sebelumnya dihadiri cukup 13 orang dewan maka sudah dinyatakan kuorum. Namun, saat ini kuorum sesuai rancangan harus berjumlah 14 orang, itu baru dinyatakan kuorum,”jelasnya.

Jadi sesuai yang diusulkan tim kerja, syarat kuorum rapat paripurna dari seperdua anggota DPRD Parepare yakni 14 orang, bukan 13 orang dengan alasan. Terpisah, anggota tim kerja kode etik dan tata cara beracara, Dra Hj Asmawati Zainuddin dari Fraksi Nasdem mengusulkan kehadiran rapat anggota DPRD Parepare tetap ada aturannya, tanpa mengenyampinkan hak politis anggota DPRD. ” Harus ada aturan main kehadiran rapat anggota DPRD Kota Parepare. Walaupun sebenarnya ada hak politiknya, istilahnya jangan berlindung dari hak piolitik, sehingga terkadang tidak mau hadir,”ungkapnya.

Ketua DPRD sementara Ir H Kaharuddin Kadir ditemui terpisah membenarkna hal tersebut, bahwa dengan tata tertib dan kode etik anggota DPRD sebelumnya tidak jauh berbeda usulan rancangan sekarang ini, hanya ada beberapa yang beruba baik di tatib maupun di kode etik.(anj/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *